Sukses

Perokok Meninggal 10 Tahun Lebih Cepat

Kebiasaan buruk ini sebabkan kematian lebih dini pada perokok.

Liputan6.com, London - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Medicine menunjukkan dampak buruk merokok kembali ditemukan. Dua dari tiga orang perokok meninggal dunia karena kebiasaan mereka sendiri.

Hal ini ditemukan dalam studi yang dilakukan terhadap 200.000 orang baik yang merokok dan tidak merokok berusia 45 tahun ke atas. Sebesar 67 persen perokok meninggal karena tembakau seperti kanker dan penyakit jantung.

"Kami menemukan bahwa perokok berisiko tiga kali lipat alami kematian lebih cepat daripada yang tidak merokok," terang ilmuwan yang memimpin penelitian, Prof Emily Banks seperti dilansir Independent, Senin (2/3/2015).

"Kami juga menemukan bahwa perokok akan meninggal lebih cepat 10 tahun dibandingkan yang tidak merokok," tambah Emily.
Salah satu cara negara ini untuk mengurangi konsumsi roko dengan mengubah kemasan. Jika di negara kita kemasan rokok diberi gambar seram, di Australia memberlakukan kemasan rokok polos pada tahun 2010 dan 2013 terlihat ada penurunan tingkat merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.