Sukses

Akibat Obesitas, Bayi Ini Seperti Anak Usia 6 Tahun

Bayi yang lahir 10 bulan lalu dengan berat 4 kilogram ini, kini seperti anak perempuan berusia enam tahun karena bobotnya yang mencapai 12

Liputan6.com, Jakarta Kondisi seorang bayi di India, Aliya Saleem cuku mengkhawatirkan. Bayi yang lahir 10 bulan lalu dengan berat 4 kilogram ini, kini seperti anak perempuan berusia enam tahun karena bobotnya yang mencapai 12 kilogram.

Ibunya, Shabana Parveen (25) mengaku bahwa ini adalah akibat pertumbuhannya yang cukup cepat. Saleem sering menangis di malam hari dan sesak napas. Selain itu, nafsu makannya juga cenderung sulit dikendalikan.

"Beberapa bulan setelah kelahirannya, kami harus membeli baju baru tiap 2 minggu. Yang mencemaskan, dia terus menangis sepanjang hari. Dia bangun di malam hari tiba-tiba dan dia tidak bisa bernapas dengan teratur," kata Parveen, seperti diberitakan Dailymail, Senin (2/3/2015).

Sependapat dengan istrinya, sang ayah, Mohammad Saleem (28) juga mengatakan bahwa para dokter di desa setempat tidak mengetahui dengan jelas mengapa anaknya mengalami pertumbuhan berat badan yang begitu cepat.

Sementara itu, menurut Kepala Pediatri di RS Fortis, Delhi, Dr Krishan Chugh, kondisi Saleem merupakan obesitas morbid atau mungkin terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Sehingga selain penanganan medis juga perlu ada upaya perbaikan gizi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.