Sukses

Meski Tampak Menakutkan, 4 Buah Ini Kandungan Vitaminnya Tinggi

Inilah buah-buah yang memiliki tampilan luar menakutkan, tapi memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita

Liputan6.com, Jakarta - `Don't judge book from the cover` pantas disematkan ke sejumlah buah yang memiliki tampilan luar terlihat menyeramkan, tapi memiliki isian yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral.

Padahal, tidak sedikit pakar yang menyarankan kita untuk menyantap lima jenis buah dan sayur per hari supaya terhindar dari beragam kondisi yang merugikan tubuh.

Berikut buah-buah yang memiliki tampilan luar menakutkan, tapi memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti dikutip Daily Mail pada Senin (2/3/2015);

1. Manggis

Lead Nutritionist and Founder of Nutrition Clinic Food First, Naomi Mead menjelaskan bahwa manggis disebut-sebut memiliki kadar cukup tinggi dari senyawa xanthone yang telah terbukti memiliki antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-karsinogenik.

Mengetahui buah yang berasal dari Asia Tenggara memiliki kandungan seperti itu, membuat Ratu Victoria menawarkan hadiah bagi siapa saja yang bisa memberikan beberapa saja buah manggis ke istananya.

Buah yang dijuluki `Queen of fruit` ini juga baik untuk jerawat, PMS, dan membuat kulit tampak lebih mudah.

2. Buah naga (pitaya)

Naomi menerangkan kalau buah naga kaya vitamin C yang telah berulang kali terbukti mampu melindungi seseorang dari penyakit auto-imun, gangguan jantung, bahkan tanda-tanda penuaan kulit.

Buah naga mengandung asam omega-3 dan asam lemak omega-6 yang membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sel.

3. GAC

Buah GAC mengandung beta-karoten dan lycopene yang dikenal karena sifat mampu mengobati.

"Penelitian telah menemukan konsentrasi lycopene di dalam GAC sepuluh kali lebih besar dari tomat dan wortel," kata Naomi.

Bahkan, kata dia, penelitian yang dilakukan School of Pharmacy and Biomedical Sciences di Portsmouth University menemukan bahwa lycopene ini membantu seseorang terlindung dari kanker paru-paru, perut, dan prostat.

4. Pichuberry

Sekilas beri kecil ini terlihat mirip kumquat, tapi memiliki kandungan vitamin sangat tinggi. Karena tinggi vitamin D, buah ini baik bagi kesehatan tulang dan kulit. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C dan B12 yang telah terbukti mengurangi peradangan serta memiliki sifat anti-kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.