Sukses

Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi Diabetesi?

Bagi diabetesi, tidak semua makanan bisa dikonsumsi mengingat efeknya yang mempengaruhi tingkat gula darah.

Liputan6.com, Jakarta Makanan pada dasarnya terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Namun bagi diabetesi, tidak semua makanan bisa dikonsumsi mengingat efeknya yang mempengaruhi tingkat gula darah. Lantas apa saja makanan yang baik dikonsumsi diabetesi?

Pakar diabetes, Dr Pradeep V. Gadge, MD menanggapi, tiga unsur utama makanan yaitu karbohidrat, protein dan lemak masih perlu dikonsumsi diabetesi. Karbohidrat seperti roti, kentang, jagung dan beras masih aman selama jumlahnya diatur. Begitu juga protein, seperti kacang-kacangan dan produk susu. Selama dikonsumsi tidak berlebihan juga aman.
 
Sedangkan lemak dapat memperlambat proses pengosongan lambung sehingga membuat gula darah sedikit lebih rendah setelah makan dan sedikit lebih tinggi beberapa jam setelah makan. Untuk itu, diabetesi tetap harus bisa mengendalikannya dengan diet yang sehat.

Lebih jelasnya, Gadge memberikan beberapa tips, seperti dilansir Idiva, Senin (2/3/2015) berikut ini:
 
1. Belajar menghitung dan memahami porsi makanan

2. Makanan harus seimbang. Karbohidrat, protein dan lemak harus disesuaikan berdasarkan pola gizi seimbang

3. Konsultasikan masalah Anda dengan diabetologist atau ahli gizi tentang segala sesuatu yang Anda makan

4. Hindari missmatch antara aktivitas, makan dan obat-obatan

5. Hindari minuman manis
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

Video Terkini