Sukses

6 Herbal Bermanfaat yang Perlu Ditanam di Rumah

Bila Anda memiliki sedikit ruang di rumah, mungkin bisa menanam beberapa herbal populer yang sering dijadikan obat sejak zaman kuno.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tanaman obat yang berkhasiat mengobati penyakit tak selamanya harus beli. Bila Anda memiliki sedikit ruang di rumah, mungkin bisa menanam beberapa herbal populer yang sering dijadikan obat sejak zaman kuno.

Seperti dikutip Boldsky, Senin (2/3/2015) berikut ini, ada 5 tanaman yang bersifat menyembuhkan. Simak ulasannya:

1. Lidah buaya

Aloe Vera atau yang sering dikenal dengan lidah buaya yang ditanam di rumah bisa bermanfaat untuk menyembuhkan saluran pencernaan. Selain itu, getahnya juga bisa digunakan untuk iritasi kulit akibat terbakar matahari.

2. Basil

Tanaman basil sering digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Caranya bisa dilakukan dengan menggosokkan daun basil hingga hancur pada pelipis untuk meredakan sakit kepala.

3. Lavender

Selain berguna sebagai antiseptik dan anti-inflamasi, lavender juga dapat digunakan untuk menghalau nyamuk. Selain itu, agar wajah segar, Anda juga bisa menggunakan uap lavender (lavender yang dicampur air panas).

4. Daun mint

Untuk menghilangkan mual, kram perut, kembung dan masalah pencernaan ringan lainnya, menanam daun mint di rumah akan sangat membantu. Sebagai dekongestan alami, daun mint juga dapat dicampur dengan teh.

5. Peterseli

Tanaman yang mudah tumbuh subur dalam pot di bawah sinar matahari ini efektif untuk menetralkan bau mulut. Selain itu, tanaman ini juga sering dicampurkan pada makanan berkuah agar tubuh lebih bugar.

6. Thyme

Tyhme merupakan antioksidan dan antiseptik alami. Bisa ditanam di tanah kering dan di bawah sinar matahari, tanaman ini efektif mengobati pilek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini