Sukses

Studi: Cokelat, Pizza, Kentang Goreng Bikin Ketagihan

Siapa yang tidak suka ketiga makanan ini, cokelat, pizza dan kentang goreng. Semuanya makanan tinggi lemak dan kalori tapi bikin ketagihan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka ketiga makanan ini, cokelat, pizza dan kentang goreng. Semuanya makanan tinggi lemak dan kalori tapi mengapa banyak orang menyukainya ya?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan secara khusus mengamati makanan ini. Hasilnya menunjukkan, ternyata makanan yang diproses hingga lezat pun belum tentu memperoleh respon kecanduan pada manusia.

Yang menarik, menurut asisten Profesor Psikologi, Ashley Gearhardt, makanan yang diproses, banyak lemak atau karbohidrat olahan (seperti tepung putih dan gula), mungkin mampu memicu perilaku makan adiktif. Sebaliknya, makanan yang tidak diolah seperti nasi merah dan salmon tidak terkait dengan perilaku makan adiktif.

"Makanan yang diproses seperti coklat, pizza dan kentang goreng benar-benar adiktif," kata Ashley, seperti dimuat dalam Dailymail, Senin (2/3/2015).

Pakar psikologi lain sekaligus pemimpin studi, Erica Schulte juga sependapat. Menurutnya, individu dengan gejala kecanduan makanan atau dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi melaporkan masalahnya mjuncul dari makanan yang diproses.

"Jika benar sifat beberapa makanan dikaitkan dengan adiktif bagi sebagian orang, hal ini dapat mempengaruhi pedoman gizi, serta inisiatif kebijakan publik seperti pemasaran makanan untuk anak-anak," kata Schulte.

Di sisi lain, ahli farmakologi dan terapi di New York, Nicole Avena mengungkapkan bahwa penelitian ini membantu para ahli khususnya pakar gizi dalam mengidentifikasi makanan tertentu yang dapat memicu respon adiktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini