Sukses

7 Makanan yang Mampu Cegah Tubuh Jadi Panas

Nidhi Dhawan, mengatakan, cara paling mudah untuk mengontrol suhu di dalam tubuh adalah dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Suhu tubuh normal manusia adalah 98,6 derajat Fahreinheit atau 37 derajat Celcius. Penting bagi Anda untuk menjaga suhu tubuh tetap normal, karena tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Bila tubuh sampai bersuhu panas, apalagi tergolong tinggi, sejumlah kondisi seperti sulit tidur, iritasi pada mata dan perut, dan gejala tidak menyenangkan lainnya akan Anda rasakan.

HOD of Dietetics di Saroj Super Speciality Hospital, Nidhi Dhawan, mengatakan, cara paling mudah untuk mengontrol suhu di dalam tubuh adalah dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari.

Dia menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang dapat membantu Anda menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Berikut daftar makanan dan minuman yang dianjurkan oleh Nidhi agar Anda terhindar dari suhu tubuh yang panas seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (28/2/2015)

1. Air kelapa

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, meminum segelas air kelapa berguna menyeimbangkan elektrolit secara alami. Cara ini juga dapat mengatur suhu tubuh secara instan.

2. Semangka

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang cukup tinggi, yang dapat mengatur panas di dalam tubuh.

3. Jus aprikot

Minum segelas jus aprikot yang dicampur madu, tidak hanya mampu melepas dahaga melainkan juga mendinginkan tubuh Anda.

4. Persik

Buah persik mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya bersinar. Buah persik juga sumber terbaik vitamin A dan B2.

5. Kapulaga

Selain digunakan sebagai penyedap makanan, kapulaga hijau juga ampuh sebagai obat untuk mengurangi panas tubuh.

6. Susu

Minum segelas susu dingin dengan madu dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda

7. Makanan dan minuman lainnya

Makanan lain seperti air tebu, mentimun, jus jeruk, pisang, teh herbal, barley, dan mint juga mengurangi panas di dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.