Sukses

4 Kesalahan yang Dilakukan Saat Sarapan

Hindari kesalahan ini ketika Anda menyantap sarapan di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan merupakan waktu mengkonsumsi makanan yang amat krusial di sepanjang hari kita. Ya, bisa disebut-sebut sarapan memiliki tingkat penting yang begitu tinggi jika dibandingkan dengan makan siang dan makan malam. Oleh karena itu, kesalahan saat sarapan bisa berakibat fatal bagi kesehatan.

Terdapat 4 kesalahan yang sangat mungkin dilakukan saat menyantap sarapan, mengutip dari laman Reader's Digest, Jumat (27/2/2015).

Pertama, kebiasaan makan makanan sarapan yang berbeda-beda di tiap harinya. Menurut studi Inggris, sekitar 90 persen orang yang mengkonsumsi menur yang bervariasi di pagi harinya akan memiliki pinggang besar dan risiko penyakit hati  lainnya.

Jangan makan terlalu sedikit. Sebab, sarapan yang tidak terlalu sedikit di pagi hari dapat berguna untuk mengurangi gula darah dan tekanan darah pada penderita diabetes. Sarapan yang mengandung banyak protein juga berguna menurunkan level ghrelin, hormon pemicu rasa lapar.

Sementara itu, pilihlah sereal dengan ukuran yang besar. Sebab, apabila tidak Anda akan menuangkan sereal lebih banyak sheingga kalori yang dikonsumsi paginya pun akan meningkat.

Terakhir, pilihlah menggunakan selai kacang dibanding mentega. Sebab, langsung mengoleskan selai kacang bisa membuat rasa kenyang bertahan hingga 12 jam setelah makan seperti yang diungkapkan sebuah studi dalam British Journal of Nutrition.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini