Sukses

Suara Ibu, Bantu Perkembangan Bayi Prematur

Suara ibu saat di inkubator bantu kembangkan pusat pendengaran bayi.

Liputan6.com, New York- Seorang ibu memainkan peran penting dalam perkembangan bayi, terlebih bagi bayi prematur. Peneliti dari Harvard Medical School mengungkapkan bahwa suara ibu berperan besar dalam membantu perkembangan otak bayi.

Peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Boston memelajari 40 bayi yang lahir 8 hingga 15 minggu sebelum waktunya. Seperti kebanyakan bayi prematur, mereka menghabiskan waktu pada inkubator sehingga waktu bersama ibu terbatas.

Lalu, peneliti membagi bayi prematur dalam dua kelompok situasi. Kelompok pertama, di dekat inkubator terdapat speaker kecil yang berisi suara ibu mereka selama tiga jam setiap hari. Sedangkan kelompok satu lagi tidak menambahkan paparan suara.

Setelah 30 hari, kelompok bayi pertama ternyata perkembangan otak yang bertanggungjawab atas pendengaran berkembang pesar dibandingkan kelompok kedua seperti dilansir laman NY Times, Kamis (26/2/2015).

Temuan ini dipublikasikan dalam roceedings of the National Academy of Sciences yang bisa membantu dokter dan orangtua dalam menjaga bayi prematur mereka. "Ini adalah salah satu 'resep' bagaimana Anda bisa merawat bayi prematur," terang asisten profesor pediatri, Amir Lahav.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.