Sukses

Cuci Piring dengan Tangan, Bantu si Kecil Tak Mudah Alergi

Mencuci piring pakai tangan bisa membantu si Kecil tak mudah terkena alergi.

Liputan6.com, New York-
Masyarakat Indonesia pada umumnya mencuci piring tanpa bantuan alat khusus alias masih menggunakan tangan. Berdasarkan hasil penelitian ternyata, mencuci piring pakai tangan bisa membantu si kecil tak mudah terkena alergi lho.
 
Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Pediatric meneliti 1.029 anak usia 7 dan 8 tahun di Swedia. Mereka ditanyai mengenai penyakit alergi yang dialami, frekuensi mengonsumsi makanan organik serta metode mencuci piring. 
 
Hasilnya, anak yang dibesarkan dari keluarga yang mencuci piring menggunakan tangan bukan dishwasher lebih kebal terhadap alergi. Hal ini disebabkan karena mencuci piring menggunakan tangan akan meninggalkan beberapa mikroba bakteri. Paparan mikroba bakteri inilah yang membuat tubuh anak lebih kebal terhadap alergi.
 
Menurut para pakar kesehatan, sering terpapar bakteri sejak kecil malah akan merangsang tubuh untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan bakteri tersebut seperti dilansir Livescience, Kamis (26/2/015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini