Sukses

Studi: Anjing Bisa Ketahui Orang yang Berbohong

Anjing bisa mengerti apabila manusia membohongi mereka?

Liputan6.com, Jepang Memang sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa anjing memiliki kemampuan untuk memahami manusia. Anjing dapat memahami perintah suara dan mengetahui apa artinya ketika manusia menunjukkan sesuatu pada mereka. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka dapat membaca ekspresi wajah manusia.

Sebuah penelitian dari Jepang sedang menduga bahwa anjing bisa mengerti apabila manusia membohongi mereka seperti yang dilansir dari laman HuffingtonPost, Selasa (24/2/2015).

"Anjing ternyata mempunyai kecerdasan sosial lebih tinggi dari yang diduga sebelumnya. Kecerdasan tersebut semakin berkembang secara selektif bersamaan dengan sejarah hidup manusia," kata Dr. Akiko Takaoka, seorang peneliti di Kyoto University dan penulis pedamping penelitian, kepada BBC.

Penelitian dilakukan dengan cara mengujui 34 anjing peliharaan dengan sepasang kontainer dengan satu diisi makanan dan satunya lagi tidak. Pada tahap pertama, peneliti menunjukkan pada kontainer berisi makanan. Tahap kedua, menunjuk kontainer kosong. Tahap ketiga sama seperti tahap pertama.

Apa yang terjadi? Kemungkinan anjing akan mengindahkan petunjuk dari peneliti saat tahap ketiga dibanding tahap pertama. Hal ini menandakan bahwa manusia tidak bisa main-main pada anjing dan mereka tidak semudah itu percaya.

Penelitian yang dipublikasikan pada 24 Oktober 2014 pada Jurnal Pengetahuan Hewan atau Animal Cognition menunjukkan hasil bahwa `anjing tidak hanya terampil dalam memahami manusia melalui gerak tubuh, tetapi juga mampu membuat kesimpulan mengenai isyarat manusia dan menimbulkan perilaku yang berbeda tergantung kesimpulan tersebut`.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.