Sukses

5 Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun

Inilah ulasan lima manfaat dari minyak zaitun.

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Beberapa menggunakan manfaat minyak zaitun sebagai penyedap rasa makanan.

Selain itu, minyak zaitun sering kali dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). Namun, ternyata minyak zaitun memiliki fakta-fakta yang menakjubkan mengenai khasiatnya seperti yang dikutip dari laman Reader's Digest.

Penasaran? Ini dia lima manfaat minyak zaitun seperti yang diberitakan pada Senin, (23/2/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Zaitun

1. Baik Untuk Jantung

Minyak zaitun mampu meningkatkan HDL dan merupakan jenis kolesterol yang baik. Minyak zaitun juga emngandung fitokimia dan vitamin E yang bisa membantu membersihkan kolesterol dari arteri. Oleh karena itu, minyak zaitun membantu mengurangi peradangan yang baik untuk arthritis, penyakit jantung, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

2. Tahan Lama

Minyak zaitun mampu bertahan selama bertahan-tahan. Untuk menjaga rasanya tetap konsisten sama, letakkan minyak zaitun di tempat yang gelap dan dingin. Jika minyak sudah berubah warna, zat gizi yang di dalam mungkin sudah berubah dan segera buanglah.

3. Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa minyak zaitun akan membuat suatu kontraksi pada perut secara perlahan dan bisa membantu perut merasa kenyang lebih lama.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Zaitun

4. Bisa Membersihkan Kulit

Noda pada kulit bisa terbebas dengan menggunakan minyak zaitun. Jika ingin membersihkan jerawat, campurkan 3 sendok makan minyak zaitun dengan 4 sendok makan garam. Oleskan pada wajah dan diamkan semalam 1-2 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan sabun.

Lakukan langkah ini setiap hari selama satu minggu, kemudian 2-3 kali dalam seminggu. Anda akan melihat peningkatan yang nyata dari wajah Anda.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Minyak zaitun bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dan dapat membantu tubuh untuk menyerap senyawa kimia dalam makanan lainnya. Seperti contoh, senyawa lycopene, antioksidan yang larut dalam lemak dalam tomat, tetapi baik apabila diserap oleh lemak sehat yang ditemukan dalam minyak zaitun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini