Sukses

Kiat Cegah Nyeri Punggung pada Perempuan

Nyeri punggung yang terjadi pada perempuan dapat dicegah dengan langkah sederhana

Liputan6.com, London Dua puluh persen faktor risiko yang membuat perempuan rentan mengalami nyeri punggung adalah postur tubuh yang jelek.

Padahal, untuk mencegah terjadinya nyeri punggung, para perempuan dianjurkan untuk rutin melakukan ini; berdiri tegak, tarik bahu, dan menahan otot perut ke dalam.

Para peneliti menilai tiga langkah sederhana itu juga mampu membuat perempuan terlihat lebih sehat, lebih percaya diri, lebih cantik, dan terlihat lebih muda.

Seiring kemajuan teknologi, membuat perempuan kerap menjatuhkan kepalanya untuk menatap layar ponsel dan tablet yang berakibat leher dan tulang belakang jadi stres, serta berujung pada kondisi nyeri punggung.

Pakar Bedah Tulang Belakang asal London, Inggris, Dr Ken Hansraj, mengatakan, akibat kondisi ini tak jarang proses pembedahan dilakukan demi memperbaiki postur tubuh yang jelek itu.

Dikutip dari situs Daily Mail pada Senin (23/2/2015) banyak salon di London menawarkan perawatan untuk mengatasi bahu yang kaku dan membungkuk, yang dikenal dengan `Tech Neck`. Pemilik salon di sana sadar betul bahwa kondisi semacam ini tengah menghantui perempuan modern yang hidup dan tinggal di sana.

Tapi, bagi perempuan yang sibuk dan tak sempat untuk ke salon, ahli pijat menyarankan untuk langkah sederhana seperti ini seorang diri; miringkan kepala Anda ke kiri dan kanan, lalu remas dengan lembut otot-otot di bagian atas bahu dan kedua sisi di belakang leher menggunakan telapak tangan dan jari-jari di kedua tangan Anda.

Jangan lupa untuk rutin melakukan peregangan setiap satu jam sekali, dengan mengatur pernapasan Anda agar lebih rileks lagi.

Ulangi langkah pencegahan nyeri punggung seperti di atas sebanyak mungkin agar otot-otot mengendur dan bahu jadi lebih ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini