Sukses

Menkes : Kuliner Minang Nomor Satu di Dunia

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut Sumatera Barat atau Ranah Minang memiliki wisata kuliner yang terkenal secara nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut Sumatera Barat atau Ranah Minang memiliki wisata kuliner yang terkenal secara nasional bahkan hingga ke mancanegara.

"Wisata kuliner Minang nomor satu di Indonesia bahkan untuk tingkat dunia pun sudah diakui dengan dinobatkannya rendang sebagai makanan paling enak," kata Menteri Nila di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu usai meresmikan Kantor Pelayanan Kesehatan Pelabuhan kelas II Padang sebagai upaya mencegah penyakit menular di pintu perbatasan masuk ke daerah itu.

Nila mengingatkan jangan sampai masakan khas Minang tersebut diklaim oleh negara lain dan harus dilakukan antisipasi sejak awal

"Rendang adalah makanan asli Minangkabau, jaga jangan sampai ada yang mencaplok," kata dia.

Ia mengatakan karena kuliner Sumatera Barat terkenal akan banyak kunjungan wisatawan ke daerah ini untuk mencicipi lezatnya berbagai makanan khas yang ada.

Kendati belum sepadat Bali akan tetapi kunjungan wisatawan domestik ke Sumatera Barat cukup tinggi. Oleh sebab itu juga harus dilakukan pencegahan penyakit berbahaya mengingat tingginya lalu lintas manusia dan barang.

Selain dikenal dengan wisata kuliner, Nila mengatakan Sumbar juga dikenal dengan kerajinan kain tenun dan sulaman.

Bahkan salah satu perlengkapan shalat yang banyak dicari di Sumbar bagi jamaah haji adalah mukenah yang memiliki kualitas bagus, kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan rendang merupakan makanan khas daerah itu yang telah mendapat tempat di hati masyarakat dunia.

Jika bicara rendang tidak bisa dilepaskan dari Sumbar yang merupakan daerah asal makanan yang terbuat dari daging sapi dengan warna coklat kehitaman tersebut, kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.