Sukses

Menkes Ingatkan Ortu untuk Imunisasi Anak

Imunisasi lengkap pada anak sejak bayi bantu cegah beberapa penyakit hadir dalam kehidupan sang anak.

Liputan6.com, Bukittinggi Beberapa isu yang beredar di masyarakat Sumatera Barat menyebabkan banyak oranigtua enggan untuk mengajak buah hati jalani imunisasi. Padahal imunisasi merupakan salah satu cara untuk mencegah beberapa penyakit pada kehidupan sang anak.

Oleh karena itu Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek mengingatkan kepada seluruh orangtua bahwa imunisasi lengkap pada bayi penting dilakukan.

"Saya himbau untuk lakukan vaksinasi dan jangan tidak dilakukan. Vaksin sudah diteliti terlebih dahulu yang berfungsi untuk mencegah penyakit. Jika itu berhasil beberapa penyakit bisa dicegah, terutama bagi anak-anak," terangnya usai rapat kerja koordinasi jajaran kesehatan se-Sumatera Barat di Istana Bung Hatta, Bukittinggi pada Sabtu (21/2/2015).

Untuk mengatasi isu yang tidak mendukung imunisasi, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, dr. Rosnini Syafitri mengungkapkan telah bekerjasama dengan berbagai pihak untul meluruskan isu imunisasi tidak halal. "Pak Gubernur sudah megajak tokoh-tokoh agama membicarakan hal ini," terangnya dalam acara ini.

Kini di Kota Padang sendiri sedang dilakukan imunisasi tambahan difteri sebagai bentuk Outbreak Response Immunization atas kejadian luar biasa (KLB) difteri. Menurut Rosnini, pernyataan KLB berdampak meningkatkan keinginan orangtua untuk mengimunisasi anaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini