Sukses

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Migrain

Apa yang harus Anda lakukan saat migrain menyerang?

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala, tetapi hanya sebagian saja? Ya, bisa dikatakan Anda sedang mengalami migrain atau sakit kepala sebagian. Sebelum terjadinya sebuah kontraksi yang mengindikasikan bahwa Anda sedang mengalami migrain, biasanya indera cenderung menjadi lebih sensitif. Cahaya, lampu, suara, kehilangan sebagian pelihatan atau suasana seakan berkedip-kedip, umumnya adalah gejala Anda terkena migrain. Sungguh menyiksa, bukan?

Lantas, berikut adalah lima hal yang bisa membantu Anda melewati masa-masa sulit saat migrain seperti yang dikutip dari laman Reader's Digest, Sabtu (21/2/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi Saat Migrain

1. Ambil Obat

Jika Anda memiliki rasa nyeri dan tidak mengetahui resep apa yang tepat, coba untuk membeli berdosis kecil sebagai obat penghilang rasa sakit seperti  naproxen (Aleve) atau produk acetaminophen yang menggabungkan, aspirin, dan kafein, seperti Excedrin.

2. Pijat dan Kompres

Gosok dan pijat dengan menggunakan minyak (bisa menggunakan minyak zaitun) pada pelipis, garis rambut, dan bagian belakang leher. Bisa juga membuat kompres dingin dengan minyak tersebut.

Caranya dengan mencampurkan 6 ons air, 7 tetes minyak, dan es batu yang dimasukkan ke dalam kain. Letkkan kompres di bagian belakang leher dan juga dahi.

3. Jahe

Jahe dapat berguna untuk meredakan mual serta rasa sakit. Menyeduh sekitar 500 mg jahe dengan sedikit air atau menghisap permen jahe bisa menjadi solusi mengurangi rasa migrain.

3 dari 3 halaman

Solusi Saat Migrain

4. Akupuntur

Gosok daerah berdaging di antara ibu jari dan jari telunjuk tangan sambil mendengar irama musik dan duduk dengan tenang.

Pejamkan mata dan bernafas dalam selaam 5-10 menit. Ketika mengeluarkan napas, kurangi tekanan gosokkan dan bayangkan semua rasa sakit di kepala Anda juga ikut mengalir keluar.

5. Bayangkan Anda Berada di Tempat Lain

Berbaringlah di ruangan gelap dengan kompres dingin yang menempel pada leher bagian belakang dan dahi. Kemudian, bayangkan diri Anda berada di tempat yang sungguh nyaman dalam persepsi Anda. Lakukan cara ini selama 15 menit atau hingga kehangat menyesap ke tangan hingga kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.