Sukses

Makanan Pengobat Sendi Kaku

Ikan yang berminyak seperti salmon dan sarden bermanfaat bagi kita agar terhindar dari rheumatoid arthritis

Liputan6.com, Jakarta - Risiko mengalami rheumatoid arhritis dapat dihindari bila rutin mengonsumsi ikan yang berminyak (oily fish). Ini merupakan bukti dari hasil penelitian yang telah diterbitkan ke dalam Annals of Rheumatoid Diseases.

Rheumatoid arhritis merupakan satu penyakit yang menyebabkan terjadinya pembengkakan, peradangan, dan kekakuan pada sendi yang paling banyak dialami oleh individu berusia lebih dari 50 tahun.

Makanan yang diasup sehari-hari menjadi obat alami agar terhindar dari kondisi ini. Bagaimana pun makanan adalah obat yang paling murah dan paling kuat dalam menanggulangi penyakit tertentu, termasuk rheumatoid arhritis.

Selama hasil dari penelitian itu dimasukkan ke dalam jurnal tersebut, selama 15 tahun para ilmuwan melihat kebiasaan makan para wanita berusia di atas 30 tahun yang mengonsumsi satu porsi ikan berminyak setiap minggunya.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (20/2/2015) ditemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi setidaknya satu porsi ikan berminyak seminggu sekali, memiliki risiko menderita rheumatoid arthritis 52 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang kurang melakukannya di waktu yang sama.

Ikan berminyak seperti salmon, sarden, makerel adalah sumber terbaik dari vitamin D, protein, sejumlah vitamin B dan selenium. Ikan-ikan ini juga sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3, yang jelas baik bagi kesehatan kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini