Sukses

Minuman Sehat Pengganti Kopi

Tahukah Anda kalau meminum secangkir cokelat panas memberikan beragam manfaat kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta Apabila selama ini Anda lebih sering mengonsumsi kopi ketimbang minuman lainnya, cobalah mulai sekarang untuk membiasakan mengonsumsi secangkir cokelat panas secara rutin. Terlebih bagi Anda yang mulai mengalami penurunan daya ingat.

Ilmuwan di Harvard Medical School telah menguji daya ingat dan kemampuan berpikir 60 orang tua selama 30 hari sebelum dan setelah meminum dua cangkir cokelat panas per hari. Setengah dari partisipan diberi cokelat dengan tingkat antioksidan dan flavanol standar, sedangkan setengahnya lagi diberi kandungan yang sama dengan kadar yang lebih rendah.

Hasilnya, peneliti menemukan adanya perubahan fungsi otak pada orang dengan aliran darah ke otak yang terganggu setelah meminum cokelat dengan kandungan flavanol tinggi.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (20/2/2015), penelitian kembali melakukan uji coba karena merasa penelitian itu saja tidak cukup kuat untuk membuktikan manfaat dari meminum secangkir cokelat panas.

Untuk itu, peneliti kembali melibatkan 1.200 pasien yang hasil akhirnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi sejumlah flavanols yang ditemukan di dalam cokelat, membantu menurunkan kadar insulin dan kadar kolesterol buruk.

Ketika dikombinasikan dengan efek dari peningkatan aliran darah, manfaatnya semakin bertambah karena dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan juga stroke.

Jadi, jangan pernah takut untuk meminum secangkir cokelat panas setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini