Sukses

Anak Alergi Sebetulnya Tak Perlu Pantang Makanan

Alergi makanan pada anak sebenarnya dapat dikendalikan dengan cara memberikannya perlahan.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orangtua mungkin tak tega membiarkan anaknya terkena alergi. Tapi alergi makanan pada anak sebenarnya dapat dikendalikan dengan cara memberikannya perlahan.

Seperti disampaikan Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi-Imunologi dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) bahwa usia 2-3 tahun itu saluran cerna anak belum bagus (matur) sehingga perlu menunggu 1-2 tahun untuk mengenalkan makanan tersebut.

"Nggak usah pantang, sabar saja dulu 1-2 tahun. Setelah itu secara perlahan dan sedikit-sedikit, kenalkan makanan yang menjadikan anak alergi. Semakin dini dia mengenal semua makanan, dia bisa toleran," kata Zaki saat diwawancarai wartawan di Jakarta, ditulis Rabu (18/2/2015).

Kendati demikian, menurut Zaki, alergi dapat terjadi ketika dewasa. Maka itu, dia menyarankan untuk menghindari pencetus (makanan dan lingkungan) serta menggunakan obat untuk menghilangkan gejala jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini