Sukses

Ini Dia Alergi yang Bakal Menetap Seumur Hidup

Tak seperti alergi susu yang bisa dikendalikan pemicunya, alergi seafood dan kacang tanah bersifat menetap seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta Tak seperti alergi susu yang bisa dikendalikan pemicunya, alergi seafood dan kacang tanah bersifat menetap seumur hidup. Hal ini dikarenakan zat kitin dalam seafood yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Begitu disampaikan Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi-Imunologi dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) di sela-sela acara edukasi alergi di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

"Ada prinsip dalam penganganan alergi. Menghindari pencetusnya, kalau tidak bisa dihindari ya gunakan obat. Alergi makanan biasanya terjadi pada anak usia 2-3 tahun kebawah karena saluran cernanya belum bagus. kalau diatas itu saluran napas. Tapi ada alergi yang menetap seumur hidup seperti seafood dan kacang tanah arena berhubungan dengan pencernaan," kata Zaki.

Zaki menerangkan, seafood memiliki zat kitin yang dapat memicu alergi. Yang menarik, alergi juga tergantung pada kesegaran binatang laut tersebut.

"Kalau seafood itu segar, tidak keluar kitin. Tapi kalau ikan asing, pindang yang terurai karena tidak segar dapat memicu alergi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.