Sukses

ASI Ekslusif Bisa Cegah Anak Alergi

Prevalensi alergi pada anak Indonesia semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini dan menimbulkan dampak negatif yang cukup signifikan

Liputan6.com, Jakarta Prevalensi alergi pada anak Indonesia semakin meningkat beberapa tahun belakangan ini dan menimbulkan dampak negatif yang cukup signifikan. Padahal alergi bisa dicegah dengan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan.

Seperti disampaikan Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi-Imunologi dari RSCM, DR. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) bahwa pencegahan primer alergi paling sederhana dan efektif adalah dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan. Namun pada beberapa kasus seperti misalnya bayi tidak bisa mendapatkan ASI, anak bisa diberikan formula khusus.

" Anak alergi bisa disebabkan faktor genetik dan lingkungan. Usahakan ASI nomor satu dan lingkungan dijaga. Tapi pada kondisi ibu tidak dapat memberikan ASI, IDAI merekomendasikan penggunaan formula hidrolisat parsial whey dan formula hidrolisat esktensif kasein untuk mengurangi risiko alergi dan beban ekonomi negara kedepannya," kata Zakiudin saat temu media mengenai pencegahan primer alergi, Selasa (16/2/2015).

Di sisi lain, spesialis Anak sekaligus anggota Forum Nasional Sadar Alergi (ForNASA), Prof. dr. Sofyan Ismael, Sp.A(K) mengatakan pemilihan formula hidrolisat parsial memberikan palatabilitas atau rasa yang lebih baik dan lebih ekonomis dibandingkan dengan formula hidrolisat ekstensif.

“Alergi tidak hanya membebani keluarga dari segi klinis tetapi juga memiliki dampak negatif yang dapat mempengaruhi kualitas hidup dan beban ekonomi keluarga, hingga beban ekonomi negara,” tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini