Sukses

30 Persen Alergi Diturunkan Lewat Ibu

Peranan ibu dalam menurunkan alergi sangat besar

Liputan6.com, Jakarta Peranan ibu dalam menurunkan alergi sangat besar. Dibanding pria, ibu bisa menurunkan risiko alergi hingga 30 persen. Maka itu penting menjaga imunologi sejak ibu memasuki masa kehamilan.

Begitu disampaikan Ketua Sub Divisi Feto-Maternal RSCM, DR. dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG(K) saat temu media mengenai pencegahan primer alergi, Selasa (16/2/2015).

"Dari ibu saja sudah 30 persen risiko menurunkan alergi. Apalagi kalau suaminya juga alergi. Hal ini diperparah bila ibu memiliki kondisi medis seperti obesitas, menderita inflamasi zat berbahaya atau mengonsumsi makanan yang dapat menginduksi inflamasi," katanya. 

Oleh sebab itu, kata Noroyono, peranan seorang ibu sangat besar dalam menjaga kesehatan kandungannya. "Prenatal care sangat kompleks. Ibu seharusnya bisa mencegah alergi dan penyakit matabolik."

Alergi merupakan reaksi berlebihan sistem imun untuk melawan alergen (pemicu alergi) yang masuk ke dalam tubuh. Tiga puluh persen anak berusia 3-6 tahun tercatat mengalami alergi. Kecenderungan alergi pada anak terus meningkat, dari tahun 1990 hingga sekarang, angka kejadiannya meningkat hingga empat kali lipat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.