Sukses

Hindari 9 Kebiasaan Buruk Setelah Makan Siang

Sejumlah kebiasaan buruk seperti tidur setelah makan siang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui bahwa sejumlah kebiasaan buruk seperti tidur setelah makan siang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Tapi selain itu, ada juga kebiasaan buruk lain yang tidak sehat.

Apa saja? simak ulasannya, seperti dikutip Idiva, Senin (16/2/2015) berikut ini:

1. Tertidur

Mengantuk setelah makan siang bisa jadi ujian terberat di kantor. Tapi Anda tidak sendirian, di berbagai belahan bumi pun keluhan mengantuk ini juga sering dialami. Bila Anda sering merasakan hal yang sama, hindari tertidur dan coba bergerak. Sebab tidur setelah makan siang dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lain.

2. Minum es

Biasanya di negara tropis seperti di Indonesia, makan yang diselingi minum es memang terasa segar. Tapi tahukah Anda, minum air hangat dapat membantu memecah makanan dan membuat saluran pencernaan bekerja lebih baik. Jadi, jangan lupa untuk memiliki segelas air hangat setelah makan.

3. Melonggarkan ikat pinggang

Jika Anda merasa perlu untuk melonggarkan sabuk Anda setelah makan, bisa jadi Anda makan berlebihan. Jadi setelah makan, biarkan ikat pinggang tetap di tempatnya untuk melatih otot perut.

4. Minum teh

Kebiasaan orang Asia seperti Indonesia, minum teh setelah makan seperti lekat dengan budaya masyarakat setempat. Padahal bila ditinjau dari segi kesehatan, teh mengandung polifenol dan tanin yang sulit menyerap zat besi. Sehingga wanita yang menderita kekurangan zat besi, dan suka minum teh setelah makan mungkin bisa menjadi ancaman kesehatan.

5. Langsung latihan berat

Jangan pernah latihan atau olahraga berat setelah makan siang Anda. Latihan berat setelah makan akan membuat Anda merasa lesu dan tak enak perut.

6. Mandi

Ketika Anda mandi tepat setelah makan, hal ini mempengaruhi proses pencernaan Anda.

7. Merokok

Penelitian menyebutkan, merokok setelah makan dapat menyebabkan radang perut karena makanan bergizi yang seharusnya diserap tubuh dicampur nikotin, tar dan berbagai bahan kimia berbahaya lainnya.

8. Berjalan-jalan

Setidaknya boleh beraktivitas kembali setelah 20 menit istirahat setelah makan dan kemudian berjalan kaki 10 menit. Ini akan membantu Anda mencerna makanan sehingga Anda tidak merasa kembung atau sakit perut.

9. Makan buah

Oke, mungkin buah-buahan tergolong makanan sehat. Kami sepakat. Tapi ketika makanan ini dikonsumsi setelah makan, buah akan ikut mengantre di saluran cerna dan pada akhirnya membusuk dan nutrisi serta vitaminnya tak diserap baik oleh tubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.