Sukses

Benar-benar Sahabat, Anjing Peliharaan Bisa Tahu Perasaan Anda

Anda tak bisa menipu anjing, mereka mampu menangkap emosi hati yang dirasakan manusia.

Liputan6.com, New York- Sahabat adalah seseorang yang tahu kapan kita sedang bahagia atau marah tanpa perlu kita mengucapkannya. Raut wajah akan memperlihatkan hal tersebut. Tak cuma manusia yang bisa melihat hal tersebut, anjing peliharaan Anda pun bisa membedakan emosi hati seseorang.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology dinyatakan bahwa anjing dapat memelajari ekspresi emosi manusia. Hal ini dilakukan lewat penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Veterinary Medicine di Wina, Austria.

Para peneliti melatih sekelompok anjing untuk membedakan foto mana wajah gembira dan marah. Namun hanya setengah bagian wajah, misalnya hanya dari hidung hingga dagu.

Setelah itu, peneliti melakukan perubahan dalam uji coba ini. Peneliti mencoba memperlihatkan foto wajah orang berbeda dengan area wajah tak sama. Ternyata anjing-anjing ini mampu menangkan emosi yang tertera pada wajah di foto tersbut baik senang maupun marah.

Fakta unik lainnya, para anjing lebih mudah belajar mengidentifikasi wajah bahagia dibandingkan marah. Menurut peneliti bisa jadi ini disebabkan karena anjing ingin menjaih dari manusia yang marah.

"Tampaknya, anjing mengasosiasikan bahwa wajah tersenyum membawa arti positif sedangkan marah adalah emosi negatif," terang penulis senior dalam penelitian ini, Ludwig Huliber seperti dilansir Good Housekeeping, Senin (16/2/2015)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini