Sukses

Higienis Mana, Keringkan Tangan Pakai Hand Air Dryer atau Tisu?

Menggunakan hand air dryer malah bisa meningkatkan jumlah bakteri di tangan.

Liputan6.com, London Usai mencuci tangan, biasanya ada dua pilihan untuk mengeringkannya: tisu atau pengering udara hangat (warm air dryer). Lalu, Anda pilih mana? Jawaban berdasarkan hasil penelitian berikut bisa jadi mengejutkan Anda.

Ternyata, mengelap tangan menggunakan tisu maupun handuk katun bisa mengurangi jumlah bakteri hingga 45-60 persen. Sedangkan menggunakan pengering udara hangat bukannya membuat tangan makin bersih malah meningkatkan jumlah bakteri rata-rata 225 persen.

"Ternyata, di dalam pengering udara bersuhu hangat sudah ada bakteri di dalamnya karena lingkungan yang lembab," ungkap dokter Karl Kruszelnicki dalam buku Curious and Curiouser.

Bakteri-bakteri tersebut terdapat di dalam saluran udara dengan ukuran sangat kecil, tambahnya lagi seperti dilansir laman Independent, Senin (16/2/2015). Melihat hasil penelitian ini, tak heran jika dokter Karl menyarankan untuk mengeringkan menggunakan handuk bersih atau tisu daripada pengering udara.

Cuci tangan sendiri, merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Langkah sederhana ini mampu memutus penyebaran bakateri dan virus, salah satunya penyebab batuk dan pilek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini