Sukses

Awas, Salah Pilih Diet Bikin Badan Susah Langsing

Diet menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan atau berbadan langsing. Namun, bergonta-ganti diet bikin Anda sulit langsing.

Liputan6.com, Jakarta Diet menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan atau berbadan langsing. Namun, bergonta-ganti dan salah pilih diet bikin Anda sulit langsing. Apa sebabnya?

Tak sedikit orang yang gonta ganti diet karena coba-coba. Padahal diet yang salah dan tak sesuai pasti memberatkan bisa membahayakan kesehatan. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan hypnoslimming karena terapis akan mencari tahu sumber penyebab kegemukan.

"Contohnya karena makanan (mind blocknya orang tersebut), mau nggak mau kita cari programnya dia yang sudah ada. Orang ini mempunyai kebiasaan diet, nah mau nggak mau program yang tepat adalah dengan diet, tapi diet yang disesuaikan bukan asal-asalan, " kataTerapis Hypnoslimming Ratih Maharani Sip, Cht,CI., saat dihubungi Liputan6.com, Senin (16/2/2015).

Perlu diingat, kata Ratih, penyebab utama kegemukan sebenarnya tidak hanya dari makanan saja. Tetapi bisa karena masalah gen, menurunnya metabolisme tubuh, gangguan hormon, self image dan sebagainya.

"Kalau kita sudah menemukan sumber kegemukan, kita dengan mudah menentukan kita akan mengatasi masalah kegemukan ini dengan progam/metode/telnik yang bagaimana??.

"Nah taruhlah penyebab utamanya adalah karena mind set seseorang terhadap makanan yang meyakini bahwa makananlah penyebab kegemukannya. Seringkan kita dengar mereka makan dikit saja langsung gemuk, timbangan langsung naik, karena itu mereka diet mati-matian."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan kesehatan fisik

Menurut Ratih, prinsipnya melangsingkan dengan hipnosis ini adalah mampu meningkatkan kesehatan secara fisik dan psikis. Kalau diet terhenti karena nggak kuat akhirnya program berhenti, itulah yang harus dihindari karena akan menjadi mind block baru dan berbahaya.

"Ada orang yang diet inilah, diet itulah. Semua diet dicoba. Mereka berkeyakinan dengan diet berat badan bisa turun. Pikiran ini sih tidak salah. Tapi, dengan minimnya informasi sebagian orang memahami bahwa diet itu harus mengurangi makanan, tidak boleh makan ini atau makan itu."

Ia mengatakan, diet yang cocok itu dipengaruhi banyak hal. Misalnya, seseorang bisa cocok dengan diet mayo. Tapi orang lain belum tentu bisa berhasil. Malah kadang menimbulkan lemas dan sebagainya.

"Karena setiap orang memiliki mekanisme tubuh yang unik. Memiliki kebutuhan yang berbeda. Si A tidak cocok dengan diet mayo bisa saja disebabkan karena si A punya masalah kesehatan, misalnya tensi rendah, punya kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin dan sebagainya, yang memberatkan buat si A.

"Nah, kalau si A melakukan diet ini, taruhlah waktunya hanya 13 hari. Kalau di dalam pikiran si A ini sudahmerasa berat maka kemungkinan besar diet ini pasti gagal, dan bisa menimbulkan badan lemas misalnya."

Ibu satu anak ini mengatakan, memang seyogyanya tubuh seperti wadah. Bila volumenya berkurang, maka beratnya berkurang. Bila diisi, otomatis volume ya bertambah dan berat badan pasti bertambah. Atas dasar itulah orang melakukan diet yang gila-gilaan, tapi prinsipnya tak mengerti.

"Berat badan bertambah 1-2 kilogram kan sebenarnya tidak membuat seketika bentuk badan berubah menjadi gemuk/gendut. Tapi kecendrungan kebiasaan yang salah seperti habis makan lebih banyak diam, tidur atau leyeh-leyeh misalnya nonton televisi. Dalam artian mereka malas bergerak.

3 dari 3 halaman

Mind set ubah

"Akhirnya kalori yang didapat terus menumpuk dan itulah yang menyebabkan kegemukan. Nah kebiasaan ini kan termasuk mind set, yang sudah terpola dan terekam di pikiran bawah sadar. Itu yang harus dibenarkan atau di reprogram dengan menggunakan hypnoslimming," kata Ratih.

Bagaimana caranya? "Pertama mencari sumber utama penyebab kegemukan, dalam hal ini makanan. Kedua, mereprogram kebiasaan yang salah. Program yang salah dihilangkan digantikan dengan program yang benar," ujar ga.

Agar program yang baru tersebut benar, lanjut Ratih, maka harus diberikan informasi yang benar,

"Misalnya mengenai diet yang benar, kebiasaan-kebiasaan apa yang baik yang seharusnya dilakukan untuk mendptkan tubuh yang langsing, yang nantinya kebiasan dan keyakinan lama yang jelek tersebut hilang digantikan dengan kebiasaan yang baru yang akan membuat seseorang menjadi langsing," kata Ratih.

Menurutnya, kegagalan biasanya selalu memengaruhi mental seseorang, seperti gagal dalam diet. Apabila kegagalan sudah berulang kali kmaka akan membuat mental block. Itulah yang harus dihindari.

"Karena prinsipnya program pelangsingan dengan hypnoslimming ini prosesnya harus dilakukan dengan nyaman, tidak memberatkan, alami. Prosesnya harus efektif dan efesien. Sehingga hasilnya maksimal dan secara fisik dan psikis harus lebih sehat, " kata Ratih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini