Sukses

Bila Ada Darah Saat BAB, Segera Lakukan Ini

Tidak hanya ambien, muncul darah saat BAB bisa juga gejala kanker usus besar.

Liputan6.com, Jakarta Jangan abaikan jika mendapati bercak darah saat buang air besar (BAB). Banyak yang menganggap ini adalah tanda wasir atau ambien. Padahal, bisa jadi ini adalah salah satu gejala kanker usus besar atau kolorektal.

"Segera periksa ke dokter untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab munculnya darah saat BAB. Ini adalah salah satu gejala utama uang sering ditemui pada pasien kanker usus besar," terang General Surgeon Mount Elizabeth Novena Hospital Singapore, dokter Dean Koh.

Dokter akan mengenali gejala lainnya lalu bisa juga melakukan pemeriksaan screening usus besar dengan kolonoskopi. Kolonoskopi merupakan sebuah pemeriksaan dengan memasukkan alah untuk melihat kondisi usus besar. Hanya dibutuhkan waktu sekita 10-30 menit untuk menjalani screening ini.

"Jika memang tidak ada kanker melainkan ambien, tidak apa-apa kan bisa diobati ambiennya," terangnya saat bertemu insan pers di Kembang Goela, Jakarta pada Jumat (13/2/2015).

Dokter Koh pun menjelaskan bahwa selain munculnya darah saat BAB, berikut gejalan kanker usus besar:
1. Perubahan frekuensi BAB
Anda pasti mengenali bagaimana kebiasaan tubuh, termasuk saat buang air besar. Jika biasanya buang air besar yang biasanya satu atau dua kali sehrari kemudian berubah menjadi seminggu sekali, waspada.

2. Anemia yang tak dapat dijelaskan penyebabnya.
Anda menjadi mudah lelah dan sesak napas saat beraktivitas.

3. Kehilangan berat badan tanpa diketahui penyebabnya.

4. Perut sering merasa tidak nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.