Sukses

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Ibu hamil kerap mengonsumsi air kelapa dengan alasan agar ketika lahir kulit bayi bersih. Sebenarnya, apa manfaat kelapa selama kehamilan?

Liputan6.com, New Delhi Ibu hamil kerap mengonsumsi air kelapa dengan alasan agar ketika lahir kulit bayi bersih. Sebenarnya, apa manfaat kelapa selama kehamilan?

Kelapa itu kaya akan potasium dan tinggi elektrolit. Selain itu juga mengandung vitamin, kalsium, dan magnesium. Sebuah penelitian menyebutkan kelapa yang dikonsumsi dalam bentuk apapun baik untuk tulang, manajemen berat badan, dan produksi hormon, serta mengurangi peradangan. Air dan buah kelapa ini baik untuk kesehatan.

Meskipun air kelapa sehat, ibu hamil harus mengonsumsi dalam jumlah yang dimoderasi. Pastikan, Anda memiliki kelapa yang lembut dan segar. Juga yang terpenting segera mengonsumsi air kelapa setelah Anda memotong kelapa. Jika rasa air sudah tak enak, pilih kelapa lain untuk diminum airnya.

Seperti dilansir Boldsky, Kamis (12/2/2015), kandungan gula dalam buah kelapa juga dalam tingkat yang sehat. Nutrisi lain seperti Vitamin C, Riboflavin, mangan dan serat makanan.

Meski bermanfaat, ibu hamil harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi apapun:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat 1-5


1. Sistem kekebalan

Kelapa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa dua kali seminggu atau lebih sering jika diizinkan dokter.

2. Mencegah sembelit

Wanita hamil cenderung sembelit. Mengonsumsi air kelapa secara teratur bisa mengatasinya. Selain itu, beberapa sumber mengatakan kelapa juga bisa mencegah sakit maag pada wanita hamil.

3. Mencegah infeksi

Air kelapa dilengkapi sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur, risiko infeksi juga bisa diturunkan.

4. Pencernaan

Air kelapa juga baik untuk sistem pencernaan. Ibu hamil yang ingin mencegah gangguan pencernaan bisa mengonsumsi air kelapa.

5. Berikan energi

Wanita hamil sering terlihat lemah tak berdaya. Minum air kelapa bisa memberikan energi instan.

3 dari 3 halaman

Manfaat 6-10


6. Mencegah dehidrasi

Minum air kelapa bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah dehidrasi. Wanita hamil juga bisa menggunakan airnya untuk tetap terhidrasi.

7. ASI

Beberapa sumber mengatakan air kelapa dapat membantu dalam produksi ASI pada ibu hamil.

8. Mencegah infeksi saluran kemih

Tidak ada bukti untuk klaim ini. Tapi tetap, beberapa orang percaya bahwa air kelapa memiliki kekuatan untuk mencegah infeksi saluran kemih.

9. Mencegah kelelahan

Ibu hamil umumnya mengalami perasaan lelah. Mereka bisa mencoba air kelapa secara teratur.

10. Morning Sickness

Minum kelapa atau mengkonsumsi salah satu produk kelapa dapat membantu mengatasi gejala morning sickness.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini