Sukses

Cara Alami `Hilangkan` Stretch Mark Usai Kehamilan

Anda bisa menyamarkannya stretch mark usai kehamilan dengan beberapa pengobatan alami ini.

Liputan6.com, New Delhi- Ibu hamil umumnya kesulitan dengan munculnya stretch mark di kulit perut dan bagian tubuh lainnya. Berbagai krim sudah dicoba tapi hasilnya tak seperti yang diharapkan. Anda sebenarnya bisa mencoba obat rumahan terlebih dahulu daripada mengeluarkan banyak uang demi beli krim hebat.

Stretch mark biasanya muncul setelah kehilangan berat badan atau setelah kehamilan. Stretch mark terbentuk ketika kulit meregang terlalu cepat untuk menangani ekspansi.

Serat kolagen yang bertanggung jawab untuk elastisitas kulit terkoyak dan membuat tanda putih atau merah muda sehingga terlihat seperti bekas luka. Anda bisa menyamarkannya dengan beberapa pengobatan ini seperti dilansir Boldsky, Rabu (11/2/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Alami 1-4


1. Minyak zaitun/Minyak Vitamin E/ Minyak Kelapa

Ini adalah salah satu solusi yang aman dan alami untuk stretch mark selama kehamilan. Minyak zaitun kaya akan vitamin E, yang menetralkan radikal bebas pada kulit Anda, menjaganya agar tetap kenyal dan mempercepat penyembuhan bekas luka.

Selain itu, minyak zaitun melembutkan kulit dan membantu mengurangi stretch mark.

Anda juga dapat mengganti minyak zaitun dengan minyak kelapa atau minyak vitamin E.

2. Putih telur

Ini adalah salah satu obat rumahan terbaik untuk stretch mark. Putih telur memberikan keajaiban untuk kulit Anda. Mengencangkan kulit dan memberikan nutrisi untuk kulit.

Pastikan hanya mengoleskan putih telurnya saja. Anda dapat melakukan ini dua kali sehari untuk mempercepat proses untuk menyamarkan stretch mark.

3. Kentang

Kentang terbukti menjadi salah satu solusi yang aman dan alami untuk stretch mark selama kehamilan.  Jus kentang kaya akan vitamin dan mineral yang membantu membangun kembali sel-sel kulit.

Coba untuk menggosok setengah kentang pada stretch mark. Pastikan bahwa kulit telah menyerap cairan yang cukup, dan biarkan kering.  Kemudian cuci dengan air hangat dan sabun.

4. Scrub gula

Buatlah Scrub gula untuk mengobati stretch mark. Campur ½ cangkir gula dengan jus lemon dan satu sendok teh minyak almond. Gunakan scrub untuk pengelupasan ketika di kamar mandi, dan biarkan kulit selama 10 menit.

3 dari 4 halaman

Cara Alami 5-8


5. Jus lemon

Jus lemon terkenal karena kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Prinsip yang sama juga bekerja pada stretch mark.

Oleskan jus lemon pada stretch mark dan akan membantu untuk meringankan mereka. Biarkan jus menjadi kering sebelum Anda mencuci tubuh Anda dan gunakan terus menerus untuk hasil terbaik.

6. Cocoa butter atau shea butter

Cocoa butter atau shea butter dapat membantu kulit untuk memperbaharui sel-sel dan memberikan perasaan yang halus jika Anda menggunakannya beberapa kali sehari.

Biasa menggunakan cocoa butter juga dapat mencegah pembentukan stretch mark baru.

7. Castor oil (Minyak jarak)

Minyak ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, mulai dari keriput bintik hitam, dan jerawat. Mintak ini juga bisa digunakan untuk mengobati stretch mark pada tubuh.

Cobalah memijat area dengan minyak jarak selama 15 menit. Anda juga dapat menggosok minyak jarak di daerah tersebut dan membungkusnya kain hangat selama setengah jam.

8.Asam Glycolic

Asam ini merupakan exfoliant alami dan ditemukan secara alami dalam tebu dan anggur. Umumnya digunakan dalam perawatan kulit karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit Anda lebih elastis secara keseluruhan.

Obat ini dianggap aman diterapkan pada kulit selama kehamilan, tetapi Anda harus berhati-hati untuk menjaga daerah yang dirawat dari matahari.

4 dari 4 halaman

Cara Alami 9-12


9. Vitamin A

Krom Vitamin A dapat menyamarkan stretch mark baru karena meningkatkan produksi kolagen. Tapi kurang efektif pada stretch mark lama.

Perlu dicatat bahwa krim vitamin A tidak boleh digunakan selama kehamilan atau saat menyusui karena dapat menyebabkan cacat lahir. Berhati-hati untuk menjaga daerah yang dirawat dari matahari.

Krim Vitamin A memerlukan resep oleh dokter atau dokter kulit.

10. Minyak atsiri

Anda dapat mencampur beberapa tetes minyak esensial dengan satu sendok makan minyak zaitun dan berlaku untuk stretch mark.  Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa, minyak almond manis, minyak jojoba. Ada beberapa minyak esensial yang umum digunakan untuk stretch mark seperti lavender, geranium, mawar, mur dan Helichrysum.

11. Aloe vera

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat terbaik untuk kulit Anda. Obat ini bisa melakukan sihir yang nyata dalam menghilangkan stretch mark.

Oleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar pada stretch mark dan biarkan kulit menyerapnya. Anda juga dapat mencampur lidah buaya dengan minyak vitamin E dan menggosok campurannya.

12.  Moisturising

Yang paling penting dalam mengobati stretch mark adalah menjaga kelembaban kulit. Memastikan minum banyak air, sering menggunakan pelembab dan menghindari kafein dan minuman manis. Cara tersebut akan membantu tubuh Anda tetap terhidrasi dengan cairan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini