Sukses

5 Tanda Kelamin Pria Bermasalah

Para ahli mengungkapkan kejadian yang perlu pria waspadai di kelaminnya.

Liputan6.com, New York- Pria tentu kenal baik dengan organ vitalnya. Daripada membandingkan kelamin Anda dengan pria lain demi mengetahui norma tidaknya, para ahli mengungkapkan kejadian yang perlu pria waspadai.

Apabila pria mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter Anda seperti dilansir Menshealth, Rabu (11/2/2015):

1. Patch

Pria akan melihat bintik kemerahan, kulit berbulu seperti beludru di penis, tepat di bawah kepala. Pria bisa saja berpikir itu lecet dan itu benar.

Ryan Terlecki, MD, seorang urolog di Wake Forest University Baptist Medical Center, menjelaskan jika patch tidak menyakitkan atau sensitif. Atau jika Anda belum pernah berhubungan seks baru-baru ini, yang biasanya akan menyebabkan semacam gesekan, patch merah bisa menjadi tanda kanker penis.

"Jika kanker ditemukan cukup dini, pengobatan topikal atau operasi bisa mengatasinya. Tetapi jika Anda menunggu terlalu lama, sebagian atau seluruh Penis mungkin harus diangkat," kata Terlecki  memperingatkan.

2. Mengkerut

Kulit kepala penis terasa sedikit mengkerut seperti kemeja yang menyusut ketika dicuci.

Anda juga dapat melihat beberapa tanda keputihan di daerah yang sama. "Apakah Anda merasa sakit, Anda bisa berurusan dengan sesuatu yang disebut lichen sclerosus, kondisi kulit yang mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau sistem kekebalan tubuh," kata Dr Terlecki.

Menurutnya, pria yang tidak disunat harus mengkhawatirkannya atau merasa seperti harus mendorong saat buang air kecil.  Jika tidak diobati, lichen sclerosus dapat menyebabkan kanker atau penyumbatan total di saluran kemih, yang akan membuat pria berakhir di UGD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melengkung



3. Melengkung

Saat ereksi pria melihat organ pribadinya itu sedikit melengkung, tetapi akhir ini lengkungannya lebih parah.

"Jika Anda juga merasakan kekerasan atau ketegasan bawah kulit seperti nikel bersarang di poros, Anda bisa berurusan dengan penyakit Peyronie, " kata Joseph Sonstein, MD, dari University of Texas Medical Branch.

Peyronie adalah penumpukan jaringan parut. Jika tidak diobati bisa menyebabkan nyeri saat berhubungan seks, kelengkungan penis yang lebih ekstrim, dan peningkatan risiko untuk penis patah.

Pilihan pengobatan tergantung pada tingkat keparahan kasusnya, tapi termasuk suntikan enzim atau garam. Atau harus operasi.

4. Darah di pipis

Jika Anda melihat ada darah dalam urine Anda, itu bisa menjadi tanda batu ginjal atau pembesaran prostat.

"Dalam dunia medis, darah dalam urine adalah kanker sampai terbukti sebaliknya," kata Dr. Sonstein memperingatkan.

Jika urine tampaknya baik-baik saja, tetapi Anda melihat ada sedikit bercak darah dalam celana atau pakaian, jangan panik. Sebaliknya, memeriksakan skrotum dan poros apakah ada seperti cherry- atau bintik berwarna biru, Dr. Terlecki menyarankan.

Jika noda tersebar dan tampaknya menjadi sumber darah, mereka hampir pasti angiokeratomas, yang tidak berbahaya, katanya.

"Tetapi jika mereka berkumpul bersama dalam sebuah patch dan terutama jika patch gatal, Anda mungkin berurusan dengan penyakit Paget, yang akan membutuhkan operasi pengangkatan," kata Terlecki menambahkan.

3 dari 3 halaman

Bergelombang



5. Peregangan bergelombang

"Untuk pria usia 15 sampai 35 tahun, kanker testis menjadi penyakit yang paling umum," kata Sonstein.

Tanda-tandanya mengeras, massa yang tak nyeri, atau benjolan di bola. Jika ketahuan lebih cepat, 99 persen kasus bisa disembuhkan.

Sonstein merekomendasikan beritahukan anak laki-laki Anda untuk meraba-raba menyeluruh, setidaknya sebulan sekali untuk memeriksa kelainan apapun.

Mandi air hangat saat testis Anda cenderung menggantung lebih jauh dari tubuh Anda merupakan waktu yang bagus untuk melakukan tes ini sendirian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini