Sukses

Anak Usia 7 Tahun Kini Sudah Berjerawat

Jerawat biasanya muncul di masa remaja. Tapi, para ahli mengatakan jerawat itu kini muncul pada anak-anak di usia lebih muda.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat biasanya muncul di masa remaja. Tapi, para ahli mengatakan jerawat itu kini muncul pada anak-anak di usia lebih muda.

"Jerawat kini muncuk pada anak-anak usia 7 tahun," kata Dermatologis New York, Eric Schweiger, MD., dari Schweiger Dermatology Group seperti dilansir YahooHealth, Rabu (11/2/2015).

Pada generasi sebelumnya, masa remaja menjadi awal munculnya jerawat dan biasanya teman-temannya mulai melihat dari bintik-bintik sekitar usia 12 tahun.

Pada penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Pediatric Dermatology, peneliti mengumpulkan data dari 1979 hingga 2007 untuk mengevaluasi apakah jerawat zaman sekarang muncul di usia muda.

"Analisis mengungkapkan penurunan yang signifikan dalam usia rata-rata anak-anak yang mencari pengobatan untuk jerawat selama periode 28 tahun ini," kata penulis studi.

Penelitian yang sama menemukan proporsi anak usia 6 sampai 8 tahun yang mengunjungi dokter untuk pengobatan jerawat telah meningkat, dari nol hingga hampir mencapai 2 persen sejak tahun 1979.

Banyaknya dokter yang menerima pasien usia muda, membuat American Acne and Rosacea Society  pada 2013 menyajikan pedoman berbasis buktik klinis untuk diagnosis dan pengobatan jerawat anak.

"Keparahan jerawat menentukan protokol, tapi pasien yang lebih muda, kami menghindari pemberian antibiotik oral dan fokus pada pengobatan topikal," kata Schweiger.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Sebabnya?

Apa Sebabnya?

Bukti-bukti bermunculan tentang fenomena pubertas dini. Dalam buku berjudul The New Puberty: How to Navigate Early Development in Today’s Girls, Louise Greenspan, ahli endokrinologi pediatrik di Kaiser Permanente, dan Julianna Deardorff, seorang profesor di University of California, Berkeley, menemukan bahwa epidemi obesitas dan stres keluarga merupakan pendorong terbesar di balik gadis menstruasi lebih dini.

Penelitian juga menemukan bahwa stres emosional dalam kehidupan seorang gadis muda telah mengubah tubuh.

"Tinggal di sebuah rumah yang tidak stabil dengan konflik tinggi sangat berkorelasi dengan masa pubertas dini. Dan di rumah tanpa kehadiran ayah biologis, seorang gadis dua kali lebih mungkin menstruasi sebelum usia 12 dibandingkan dengan seorang gadis yang ayahnya di rumah," kata Greenspan dan Deardorff.

Jadi mengapa jerawat muncul di usia lebih muda? Perempuan mungkin mengalami perubahan tubuh sebelum secara emosional mererka belum cukup mengatasinya. Tapi, penelitian mengaitkan pubertas dini dengan risiko kesehatan seperti depresi, kanker payudara, dan kecanduan.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini