Sukses

Akhirnya, Tumor di Kelopak Mata Bocah Ini Bisa Diangkat

Awalnya, hanya sebuah tanda lahir yang kemudian membesar jadi tumor di kelopak matanya.

Liputan6.com, New York- Orangtua dan tim dokter akhirnya bisa bernapas lega setelah operasi yang dilakukan terhadap batita berusia 17 bulan, Colby Ramos-Francis berhasil dilakukan. Upaya pengangkatan tumor pada kelopak mata pada bocah asal Inggris ini dilakukan di Lenox Hill Hospital, New York beberapa hari lalu.

"Ini sangat melegakan. Akan jadi menyenangkan baginya tumbuh menjadi seorang anak kecil normal seperti lainnya," ungkap ayah Colbie, Jamie Francis seperti dilansir NY Daily News, pada Minggu (8/2/2015).

Tumor yang diangkat ini pada mulanya hanya sebuah tanda lahir berukuran kecil, dalam istilah medis disebut hemangioma. Namun lama kelamaan tumbuh besar menjadi tumor hingga mengganggu penglihatannya.

Pengobatan sudah dilakukan di kota kecil mereka di Wiltshire, Inggris. namun tidak berdampak apa-apa. Ayah Colby pun meminta saran dari orangtua dari anak hemangioma lain di Facebook untuk mengatasi hal ini.

Cerita keluarga kecil ini sampai ke seorang ahli, dr. Milton Waner yang bekerja di Little Baby Face Foundation. Ia menyarankan kepada orangtua Colby untuk ke Manhattan, New York untuk mendapatkan pengobatan secara gratis.

Direktur Vascular Birthmarks Institute of New York at Lenox Hill, Waner mengatakan bahwa tindakan operasi yang dilakukan pada Colby menggunakan jarum elektrokauter monopolar. Secara perlahan-lahan mengangkat massa tumor sebesar 2 inchi.

Dalam tindakan operasi ini, Waner bekerjsama engan ahli bedah plastik dan ahli bedah kepala. Hingga akhirnya bisa memisahkan hemangioma dari kelopak mata Colby.

"Saya senang semua prosedur berjalan lancar," terang Waner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hemangioma adalah tumor jinak pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah ‘tumbuh’ secara berlebihan pada lokasi tubuh tertentu.

    Hemangioma

  • Tumor