Sukses

Sulit Tidur Karena Pikiran Cemas, Lakukan Ini Saja

Cemas memicu pikiran di malam hari sehingga mata sulit terpejam. Anda bisa melakukan beberapa hal ini agar tertidur.

Liputan6.com, Jakarta Kepala sudah mendarat di bantal tapi mata sulit memejam. Saat itu pikiran melayang kemana saja.

Otak kita cenderung merenungkan kejadian buruk dan refleksi negatif di malam hari. Dan semua kekhawatiran yang serius ini mengganggu tidur kita.

"Kecemasan adalah emosi yang benar-benar membangunkan kita," kata Psikolog Klinis Steve Orma, PsyD, seperti dilansir Huffingtonpost, Jumat (6/2/2015).

Kabar baiknya adalah sejak kecemasan itu sering memicu pikiran kita sendiri, kita juga mempunya kemampuan untuk berpikir cara agar tidur lebih baik.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda mengusir kecemasan itu sehingga Anda tidur lebih cepat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-3


1. Identifikasi sumber kecemasan

"Mengetahui sumber kecemasan Anda adalah langkah pertama mengusirnya," kata Orma.

Apabila Anda menderita insomnia, Anda mungkin merasa cemas tak bisa tidur. Jika Anda menderita kecemasan secara umum, Anda mungkin tak bisa tertidur karena pikiran Anda sibuk dengan stres lainnya.

"Anda harus mengidentifikasi apa yang menyebabkan Anda tetap terjaga dan berurusan dengannya sebelum ke tempat tidur," katanya.

"Orang-orang khawatir tentang segala macam ketika berada di kasur, dan itu bukan waktu yang tepat untuk memikirkan semuanya.

2. Keluar dari kamar

"Kebanyakan orang di kasur saja dan berharap mereka akan bosan dan tertidur, tetapi umumnya itu tidak terjadi," kata Orma.

Akibatnya, orang-orang mulai sadar berada di kasur berhubungan dengan mata terjaga. Jika Anda tidak tertidur dalam waktu 20 sampai 30 menit, bangun dan pergi ke ruangan yang berbeda.

3. Tuliskan apa yang ada di pikiran Anda

Penelitian menunjukkan bahwa menempatkan kekhawatiran kita menjadi sesuatu yang nyata dan secara fisik membuangnya dapat membantu membersihkan pikiran kita dari pikiran negatif.

"Tuliskan di kertas dan membuang segala sesuatu yang Anda khawatirkah, apakah itu tidur, pekerjaan Anda, hubungan Anda atau sebaliknya," kata Orma.

"Anda tidak bisa menangani hal-hal itu sekarang. Pikiran yang aktif akan membuat Anda tetap terjaga."

Jika Anda tidak ingin membuangnya, ia menyarankan buat daftar untuk dipikirkan kembali di hari berikutnya.

3 dari 3 halaman

4-5


4. Mengubah waktu tidur

"Jika Anda terus-menerus mengalami kesulitan tidur, Anda mungkin ingin menyesuaikan kembali jadwal tidur Anda," Orma kata.

"Ini adalah kesalahan yang banyak orang lakukan, mereka naik ke tempat tidur karena itulah tidur mereka, apakah mereka mengantuk atau tidak," katanya.

"Orang-orang berbalap dengan pikiran mereka ketika merangkak ke tempat tidur bukan karena kecemasan mereka membuat mereka tetap terjaga.

Ketika seseorang tak lelah dan memiliki pikiran maka mata akan sulit memejam.

5. Meditasi lilin

"Jika Anda tidak bisa tidur, cobalah membaca buku (Buku teks yang besar untuk ini)," kata Orma. Minum teh, mendengarkan musik, atau berlatih meditasi.

Orma memperingatkan, apa pun yang Anda lakukan, pastikan Anda tidak melihat ponsel atau laptop Anda. Perangkat tersebut hanya akan membangunkan Anda.

Orma mengatakan pikiran cemas tidak harus menjadi masalah permanen. Jika insomnia atau kecemasan mulai mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, ia menyarankan mencari seorang profesional untuk bimbingan.

"Banyak orang berpikir ada sesuatu yang salah dengan mereka ketika mereka mengalami kondisi ini, tetapi penting untuk mengetahui bahwa itu normal -. Meskipun itu tentu bukan pengalaman yang menyenangkan. Ini hanya masalah dalam pemikiran mereka dan pola perilaku mereka Ini sangat bisa diobati."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini