Sukses

Ada Uban, Cabut atau Biarkan?

Mencabut uban malah membuat rambut yang selanjutnya tumbuh jadi lemah.

Liputan6.com, New York Kehadiran rambut putih atau uban selalu diasosiasikan dengan tua. Namun jika ingin mencabutnya dengan pinset muncul rasa takut. Katanya, jika mencabut satu rambut putih, akan menimbulkan lebih banyak rambut putih yang tumbuh. Benarkah hal ini?

"Ini cuma mitos," terang ahli bedah restorasi rambut, dr. Robert Dorin, DO, ACOFP.

Meski mitos, bukan berarti Anda lantas sesuka hati untuk mencabut. Menurut Dorin, setiap kali mencabut uban baik di rambut maupun alis akan menyebabkan sedikit kerusakan pada kulit kepala.

Hal ini akan mengubah rambut selanjutnya yang akan tumbuh. Rambut baru bisa lemah atau malah dari akar tersebut tidak tumbuh rambut lagi terang Dorin seperti dilansir Good Housekeeping, Kamis (5/2/2015).

Jadi, tak perlu dicabut. Lebih baik percaya diri dengan rambut putih atau bisa mengakali dengan pewarna rambut.

Uban, biasanya muncul di akhir usia 30-an. Hal ini disebabkan karena sel-sel yang terdapat pada dasar folikel rambut (lubang tempat tumbuhnya rambut) berhenti memproduksi pigmen yang dinamakan melanin. Si rambut putih ini pun bisa muncul di usia 20-an yang disebabkan oleh berbagai hal seperti genetik, kurang Vitamin B12, C, dan E, stres hingga diet yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini