Sukses

Perempuan Tiongkok Ini Fasih Berbahasa Inggris Setelah Koma

Setelah sadar dari koma karena penyakit stroke, perempuan ini tidak bisa berbahasa Tiongkok tetapi justru fasih berbahasa Inggris.

Liputan6.com, Hunan Sebuah kejadian unik dialami seorang perempuan asal Tiongkok. Setelah sadar dari koma karena penyakit stroke, perempuan ini tidak bisa berbahasa Tiongkok tetapi justru fasih berbahasa Inggris, bahasa yang tidak pernah lagi digunakannya selama 30 tahun lebih.

Melansir Fox News pada Rabu (4/2/2015), Liu Jieyu yang saat ini berusia 94 tahun sebelumnya mengalami koma selama 2 minggu. Diagnosa dokter mengatakan bahwa dirinya terkena stroke karena suplai darah ke otak tersumbat.

Dokter mengatakan kesembuhan Liu sangat diragukan. Sampai tiba-tiba Liu bangun dan mengucapkan kata "Di mana aku? Apa yang terjadi?" dalam bahasa Inggris.

Menurut keterangan keluarga, Liu tidak pernah lagi menggunakan Bahasa Inggris semenjak pensiun sebagai guru Bahasa Inggris 30 tahun yang lalu. Setelah pensiun, Liu setia menggunakan Bahasa Tiongkok untuk berkomunikasi setiap hari.

Sejak pensiun tersebut, Liu tinggal di Provinsi Hunan bersama dengan keluarganya.

"Saya bahkan tidak ingat ada kasus seperti ini sebelumnya. Tetapi kami mengupayakan melalui rehabilitasi yang tepat dan istirahat, agar Liu dapat kembali memiliki kemampuan berbahasa Tiongkok," kata Tao Hup, dokter yang menanganni Liu.

"Asumsi kami daerah otak yang berurusan dengan kemampuan berbahasa telah rusak. Tetapi, sel-sel otak juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sampai pada batas tertentu," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.