Sukses

Awas, Risiko Pakai Pelindung Telinga Terlalu Lama

Earplug atau pelindung telinga yang dipakai semalaman dengan intensitas sering berpengaruh terhadap kesehatan telinga.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mengetahui earplug atau pelindung telinga? Pelindung telinga kerap digunakan dalam jangka waktu yang lama  karena kebisingan di sekitar. Misalnya dipakai pada saat tidur karena teman sekamar suka mengorok atau tetangga yang berisik hingga dini hari.

Earplug, memang dimaksudkan utnuk menghambat suara tapi tidak menghambat keseluruhan suara. Namun, penggunaan earplug berbahan busa dalam jangka panjang berpengaruh terhadap keluarnya kotoran yang ada di telinga.  Sehingga kehadiran earplug bisa menghalangi aliran kotoran telinga yang terdorong keluar.

Seperti dilansir Pop Sugar pada Selasa (3/2/2015) hal ini bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat. Hal ini biasanya berakhir dengan infeksi telinga.

Dampak selanjutnya jika busa earplug terlalu dimasukkan dalam-dalam bisa berpengaruh terhadap gendang telinga. Hal ini akan menyebabkan dengan dering konstan (tinnitus), nyeri, dan gangguan pendengaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.