Sukses

8 Langkah Agar Ibu Hamil Terhindar Flu

Hindari flu saat hamil dengan cara berikut.

Liputan6.com, New York- Hujan yang akhir-akhir ini mengguyur beberapa daerah di Indonesia membuat banyak orang jatuh sakit. Salah satunya terkena flu ditandai dengan bersin dan pilek. Bagi orang biasa tidak jadi masalah besar jika terkena flu, berbeda dengan ibu hamil yang inginnya terus sehat selama kehamilan.

Tak perlu panik, selama masa kehamilan bisa terbebas dari flu dengan melakukan sembilan hal berikut ini. Dilansir dari Fox News, Selasa (3/2/2015) ahli kandungan dari Good Samaritan Hospital di Los Angeles, Alene Park serta dokter anak dari Los Angeles, Tanya Altmann menyarankan hal berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-4

 

1. Vaksin flu
Coba tanyakan ke dokter kandungan Anda, apakah diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin flu di kala hami. Meski tidak 100 perseb efektif untuk menangkal  penyebab flu, namun lebih baik untuk menangkalnya seperti dipaparkan Altmann.
Antibodi yang ada dalam vaksin ini ternyata bisa sampai diterima bayi dan melindunginya sampai ia berusia enam bulan. Bahkam, menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical Infectious Disease, ibu hamil yang mendapatkan vaksin saat hamil efektif mengurangi bayi sakit.

2. Cuci tangan

Pastikan untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun untuk menghentikan laju penyebaran virus. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hair sanitizer.

3. Jangan terlalu sering menyentuh wajah
Virus flu dapat mudah menyebar ke mulut, hidung dan mata. Sehingga, hindari untuk memegang area wajah untuk menghindari penyebarannya masuk ke tubuh Anda.

4. Disinfektan
Bersihkan rumah dan area meja kerja terutama jika seseorang baru saja sakit.

3 dari 3 halaman

5-8

5. Makan sehat
Saat hamil, perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda. Perbanyak buah dan sayur dengan 5-9 porsi per hari. Kandungan antioksidan di dalam buah dan sayur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Hindari kerumunan
Keramaian terdiri dari banyak orang yang dengan aneka penyakit, bisa jadi salah satunya flu. Menghindari kerumunan pasti sulit dihindari, namun pastikan untuk selalu mencuci tangan atau mengelap tangan dengan disinfektan.

7. Suplemen
Tanyakan kepada dokter perlukah asupan suplemen untuk menangkis flu.

8. Perbanyak istirahat dan rileks
Perhatikan jam tidur Anda, jumlah tidur yang cukup membantu memperkuat kekebaolan tubuh. Selain itu, ikuti aktivitas yang bisa menenangkan kalian seperti yoga, meditasi, rileksasi di spa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini