Sukses

Pasien dengan Kondisi Ini Berisiko Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke berisiko pada pasien seperti ini

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang berisiko besar terkena serangan jantung dan stroke bahkan dapat meningkat secara signifikan bila dia menjalani perawatan akibat Pneumonia. Maka itu, para peneliti memperingatkan agar kita lebih berhati-hati lagi.

Menurut seorang peneliti dari Universitas Ottawa, Vicente Corrales, peringatan semacam ini sangat penting bagi orang tua atau siapa saja yang memiliki faktor risiko lain untuk penyakit jantung, seperti diabetes, merokok, dan kolesterol tinggi.

Untuk mencapai hasil ini, peneliti menggunakan catatan 3.813 orang dari dua studi kesehatan masyarakat yang berbasis di Amerika Serikat. Studi ini menganalisis data kesehatan dari 1.271 pasien pneumonia terhadap 2,542 pasien yang melakukan kontrol selama 10 tahun.

Melansir Health Me Up, Selasa (3/2/2015), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasien pneumonia ini berisiko penyakit kardiovaskular selama 10 tahun, dengan risiko tertinggi mengalaminya pada tahun pertama.

"Kesimpulan dari penelitian yang telah dimasukkan ke dalam Journal of American Medical Association (JAMA) bahwa seseorang yang telah dirawat di rumah sakit karena pneumonia harus dipertimbangkan mengalami risiko besar terkena penyakit jantung," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

Video Terkini