Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Perubahan Tampilan Payudara Setiap 10 Tahun

Pada payudara ada begitu banyak perubahan yang bisa terjadi dengan bertambahnya usia setiap 10 tahun.

Liputan6.com, New York Usia tak hanya mengubah kulit yang menjadi berkerut dan keriput. Tapi, usia juga bisa mengubah penampilan di area pribadi Anda seperti vagina dan payudara. Pada payudara ada begitu banyak perubahan yang bisa terjadi dengan bertambahnya usia setiap 10 tahun. Ini bisa payudara kendur atau menjadi kurang padat.

Seperti dilansir Womenshealthmag, Selasa (3/2/2015), inilah yang akan terjadi pada payudara wanita di sejak usia 20 hingga 40 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usia 20-an Tahun


Usia 20an Tahun

Perubahan Ukuran

Ukuran payudara bisa berfluktuasi karena berbagai alasan seperti berat badan. Menurut Profesor Bedah di Johns Hopskins Medicine, Lisa Jacobs, MD., perubahan itu meliputi metabolisme yang menjadi lambat atau mungkin menetap.

"Payudara ukurannya akan berubah ketika berat badan Anda naik atau turun," kata Jacobs.

Selain itu, ada juga karena kehamilan, payudara juga jadi berubah. "Pada usia 20-an tahun, banyak wanita hamil sehingga terjadi pembesaran payudara dengan bertambah berat badan dan persiapan menyusui," katanya.

Setelah selesai menyusui, mungkin payudara terlihat kecil atau lebih besar dibandingkan sebelum hamil.

Kehamilan juga bisa membuat areola Anda lebih gelap atau puting lebih besar, meski gunung kembar ini telah kembali ke ukuran semula seperti sebelum melahirkan.

Benjolan dan gundukan

Perubahan Fibrokistik, yang merupakan kondisi yang sangat umum ditandai dengan benjolan jinak di salah satu atau kedua payudara sering muncul ketika perempuan berusia 20an tahun.

Wanita pada usia tersebut mungkin berhubungan dengan perubahan siklus menstruasi, yang berarti adanya perbedaan hormon seperti estrogen.Ini bisa menyebabkan payudara memiliki benjolan, yang keseringan normal. Apabila Anda merasakan ada benjolan yang sakit, tapi juga terasa sama baik pada bagian lain di payudara yang sama atau berbeda, ini bisa menjadi tanda perubahan fibrokistik dan bukan sesuatu yang mengkhawatirkan.

Menurut Jacobs, benjolan yang berhubungan dengan kanker biasanya tidak menyakitkan. Namun, wanita bisa memastikannya dengan memeriksakan ke dokter Anda jika terlihat ada perubahan besar.

3 dari 4 halaman

Usia 30-an Tahun


Peregangan

Setelah memiliki anak, kulit payudara mulai meregang karena kenaikan berat badan atau penurunan berat badan.

"Ini bisa menyebabkan stretch mark atau ptosis, yang merupakan payudara melorot," katanya.

Situasi ini terjadi terutama jika Anda sudah berurusan dengan perubahan berat badan yang signifikan selama dan setelah kehamilan, jadi jangan khawatir jika tanda peregangan  muncul, meskipun peregangan juga berpeluang muncul di perut Anda.

4 dari 4 halaman

Usia 40-an Tahun


Usia 40-an Tahun

Lebih lembut

Pada usia 40an tahun, menopause bisa menyebabkan payudara berubah sama seperti ovarium yang mulai sedikit memproduksi estrogen. Intinya, payudara Anda sudah involusi, yang artinya jaringan payudara berganti dengan lemak yang lebih lembut. Alhasil, wanita merasa tak sekenyal sebelumnya.

Involusi tak terjadi secara serempak sehingga satu payudara memperoleh lemak, Sedangkan jaringan sebelahnya seperti benjolan.

Bila benjolan lembut seperti sisi hidung ANda, ini bukan peringatan. Jika benjolan sedikit lebih keras seperti jembatan hidung Anda, ini harus diperiksa.

Sering melakukan tes bisa membantu Anda melihat adanya perbedaan yang mungkin perlu diperiksa ke dokter.

Penurunan Kepadatan

Meskipun Anda bisa mengalami ptosis setelah berat badan bertambah atau hamil, kondisi ini lebih mungkin terjadi secara alami karena usia Anda.

Elastisitas payudara bisa menurun karena kolagen pencegah kendur mulai berkurang. Ini juga terjadi ketika payudara Anda kurang padat. Karena itulah mammogram sering disarankan ketika usia sudah 40 tahun. Ini karena dokter bisa melihat lebih baik akibat kurangnya kepadatan, kata Jacobs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.