Sukses

Benarkah Renang Efektif Turunkan Berat Badan?

Anda gemar berenang? Apa tujuan Anda berenang? Jika untuk menurunkan berat badan, akan lebih efektif untuk menggabungkan olahraga lain

Liputan6.com, Jakarta - Renang dijadikan alternatif bagi individu yang ingin menurunkan berat badan tapi enggan melakukan olahraga yang berat dan mengeluarkan keringat. Namun, apa benar kalau aktivitas fisik yang dilakukan di air ini mampu menurunkan berat badan?

Sama seperti berjalan dan berlari, berenang merupakan latihan kardio yang sangat bagus untuk menguatkan tulang dan sendi, serta menurunkan risiko berbagai penyakit degeneratif.

Namanya juga kardio, berenang juga dapat membakar ratusan kalori dalam waktu 30 menit. Setidaknya, 200 sampai 250 kalori akan terbakar bila kita berenang selama itu. Dan bila dilakukan selama satu jam, kalori yang akan terbakar adalah 400 hingga 700 kalori. Cukup banyak, bukan?

Tapi, kebanyakan dari kita atau bahkan tempat untuk berenang saat ini lebih didominasi oleh wahana untuk bermain. Berapa banyak gerakan yang Anda lakukan di wahana bermain air, tidak akan sebanyak saat Anda benar-benar menggerakan keseluruhan anggota tubuh di dalam air.

Atau ada juga yang hanya sekedar cebar-cebur di air, dan tidak melakukan apa-apa. Kalau semacam ini, jelas berenang tidak akan membantu siapa pun untuk menurunkan berat badan.

Melansir Health Me Up, Senin (2/2/2015), disebutkan juga untuk siapa pun yang ingin menurunkan berat badan agar tidak hanya fokus pada olahraga renang saja. Tapi lakukanlah aktivitas fisik lainnya seperti angkat beban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.