Sukses

4 Jenis Kanker Paling Banyak Diderita Orang Indonesia

Kasus kanker yang ditangani di RS sudah tahap lanjut dan susah disembuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran untuk memeriksakan dini suatu benjolan atau tumor ternyata relatif minim di Indonesia. Belum lagi, kepercayaan akan pengobatan alternatif seringkali membuat masyarakat bingung. Hal ini membuat kasus kanker yang ditangani di RS sudah tahap lanjut dan susah disembuhkan.

Seperti disampaikan Direktur Bina Upaya Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Dr. Chairul Radjab Nasution, Sp. PD(K) GEH bahwa empat jenis kanker ternyata masih kurang diwaspadai masyarakat. Padahal kanker menempati urutan kedua setelah kardiovaskular yang merupakan penyakit terbanyak menghabiskan anggaran negara.

"11 persen dari anggaran negara dikeluarkan untuk menanggung biaya kanker. Sedangkan sisanya yang paling besar adalah gagal ginjal dan penyakit kardiovaskular," kata Chairul di sela-sela seminar awam di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Jumat (30/1/2015).

Lebih lanjut, Chairul menjelaskan bahwa prevalensi kanker dalam Riskesdas 2013 menyebutkan empat jenis kanker yang masih banyak diderita wanita yaitu kanker payudara, dan kanker leher rahim sedangkan laki-laki kebanyakan mengalami kanker paru-paru dan kanker usus.

"Pada umumnya orang percaya mitos kanker tidak dapat dicegah dan disembuhkan. Pada kenyataannya, kanker dikatakan sebagai penyakit gaya hidup yang dapat dicegah bila ada faktor risiko," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.