Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Gwyneth Paltrow Sarankan Steam Vagina, Tapi Dikritik Dokter

Saran artis Hollywood Gwyneth Paltrow tentang steam vagina tak sejalan dengan para dokter kandungan.

Liputan6.com, Jakarta Artis Hollywood Gwyneth Paltrow menyarankan para wanita untuk melakukan perawatan uap pada fungsi wanita mereka alias steam vagina. Namun, saran mantan istri Chris Martin itu itu dikritik kalangan dokter.

Dalam postingannya, peraih Oscar itu berbicara soal perawatan khusus di sebuah spa yang terletak di Santa Monica.

"Tiket emasnya adalah perawatan Mugworth V-Steam, anda tinggal duduk dalam sebuah alat khusus. Kombinasi dari sinar inframerah dan uap akan membersihkan uterus (rahim) Anda," tulis Paltrow dengan pede seperti dilansir PeopleMagazine, Jumat (30/1/2015).

Paltrow kemudian berpromosi lagi. "Ini bukan sekadar uap saja tetapi juga pelepasan energi, yang menyeimbangkan hormon kewanitaan. Jika Anda di Los Angeles, Anda harus mencobanya," saran Paltrow.

Namun promosi Paltrow ini dibantah oleh Dr Jen Gunter, Ahli Kandungan, dia menilai ucapan Paltrow itu harus diluruskan.

Di blognya, Dr Gunter malah memperingatkan wanita soal perawatan ini. "Uap mungkin tidak cocok untuk vagina Anda. Apalagi uap herbal, tidak lebih baik dan malah memperburuk keadaan," ujarnya.

Uap Mugwort menurutnya tidak mungkin menyeimbangkan hormon reproduksi Anda, mengatur siklus menstruasi, mengatasi depresi atau membuat Anda subur.

Gunter juga menyerang Paltrow soal klaim pembersihan rahim. "Uap tidak akan membersihkan rahim Anda, kecuali Anda menggunakan alat dengan tekanan tertentu.Ini tentunya jangan pernah Anda lakukan"

Dokter lain juga mengatakan hal yang sama. Dr. David L. Finke menuturkan, tidak benar jika menggunakan uap bisa untuk membersihkan rahim.

Namun dia mengatakan uap bisa saja mempengaruhi pola sirkulasi kewanitaan selama 30 menit sampai 1 jam. "Tergantung seperti apa penggunaan uapnya, tetapi hasilnya sama saja seperti mandi uap di sauna biasa," ujarnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.