Sukses

Ilmuwan Klaim Sudah Temukan Obat Kebotakan

Berbahagialah Anda yang mengalami kebotakan karena para ilmuwan meyakini sudah menemukan obatnya.

Liputan6.com, London Kebotakan tak hanya mengincar orang yang sudah tua. Zaman sekarang, pria yang masih muda sudah menunjukkan gejala kebotakan. Kini, berbahagialah karena para ilmuwan meyakini sudah menemukan obat untuk kebotakan.

Ilmuwan dari Sanford-Burnham Medical Research Institute di California mampu menumbuhkan rambut untuk pertama kalinya dengan menggunakan sel induk manusia (stem cell).

Penelitian terdahulu mengandalkan ketersediaan sel-sel kulit papilla (sel penting untuk pertumbuhan folikel) yang sehat, yang bisa tumbuh. Namun, cara ini dengan cepat kehilangan kualitas produksi rambut ketika bertambah banyak.

Dengan menggunakan stem cell manusia, masalah ini bisa diatasi. "Metode sel induk kami mememberikan sumber sel yang tak terbatas dari pasien untuk transplantasi dan tak dibatasi dengan ketersediaan folikel rambut," jelas Alexey Terskikh, Profesor dai Sanford Burnham seperti dilansir Metro, Sabtu (31/1/2015).

Teknik ini telah diuji dengan efektif pada tikus berbulu. Para ilmuwan meyakini penelitian mereka menjadi langkah pertama menuju pengobatan untuk rambut rontok. "Langkah selanjutnya kami adalah transplantasi sel kulit papilla yang berasal dari sel-sel induk manusia yang berpotensi majemuk yang dikembalikan ke subyek manusia," kata Terskikh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini