Sukses

4 Tips Kurangi Stres Setelah Bekerja

Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda coba di rumah untuk kurangi stres setelah bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Kerumuman mobil dan motor yang seakan tidak ada ujungnya, asap kendaraan yang penuhi udara, hingga bunyi klakson yang berlomba bersuara adalah pemadangan sehari-hari yang dialami para pekerja di kota besar. Kondisi yang terus menerus dialami setiap hari ini pada akhirnya akan membuat orang jenuh, bahkan stres.

Saat sampai di rumah setelah seharian bekerja, para pekerja biasanya akan langsung tidur untuk keesokan harinya mengalami hal yang sama. Hal ini wajar saja dilakukan. Tetapi, alangkah lebih baiknya jika tidak langsung tidur tetapi melakukan beberapa hal untuk relaksasi mengurangi stres. Saat stres berkurang, maka tidur pun akan semakin berkualitas.

Melansir stim.org pada Jumat (30/1/2015), berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengurangi stres setelah bekerja.

1. Berikan otak waktu istirahat

Banyak orang stres setelah bekerja karena karena selalu memikirkan pekerjaan, bahkan ketika sudah sampai rumah. Ingat, saat Anda sampai rumah, lupakan semua pekerjaan dan luangkan waktu Anda yang sedikit itu bersama keluarga tercinta.

2. Basuh tubuh dengan air

Mandi air hangat saat tiba di rumah adalah cara yang nikmat untuk meredakan stres. Cara ini, selain meredakan stres, juga dapat membuat tidur Anda lebih baik dan bangun lebih segar.

3. Baca buku favorit

Membaca buku favorit, dalam beberapa riset, terbukti jauh lebih efektif dibanding obat anti-cemas. Hal ini terjadi karena meningkatnya produksi hormon baik saat membaca buku.

4. Lakukan meditasi

Anda dapat melakukan beberapa latihan meditasi seperti yoga. Latihan ini dapat meringankan pikiran Anda. Apalagi, setelah terbiasa melakukan meditasi, seseorang akan dapat mengontrol diri dari kecemasan dan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.