Sukses

Minum Kopi Sebelum Olahraga Agar Lebih Berenergi

Butuh tambahan semangat untuk berolahraga? Coba minum secangkir kopi terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Butuh tambahan semangat untuk berolahraga? Coba minum secangkir kopi terlebih dahulu. Tak cuma membantu menjaga agar tubuh tak mengantuk, manfaat kandungan kafein pada secangkir kopi pun bisa membantu membuat olahraga jadi lebih berenergi dan menyenangkan.

Peranan kopi ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Physiology. Peneliti menganalisis partisipan yang mengonsumsi dua cangkir kopi 90 menit sebelum olahraga di sepeda statis. Ternyata, mereka jauh merasakan baha olahraga jadi terasa lebih mudah dibandingkan yang tidak minum kopi. Minum kopi membuat berolahraga jadi lebih menyenangkan.

Tak cuma berhenti di situ manfaat kopi dalam berolahraga. Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Griffith University dan The University of Queensland ini menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi bisa mengurangi hasrat untuk makan seperti dilansir laman Good Housekeeping, Kamis (29/1/2015).

Hal ini terlihat usai minum kopi lalu berolahraga, kemudian disajikan sandwich prasmanan. Mereka yang minum kopi sebelum olahraga rata-rata makan 72 kalori lebih sedikit dibandingkan yang mengonsumsi plasebo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.