Sukses

5 Makanan Sehat yang Dapat Menjadi Tidak Sehat

Lima jenis makanan sehat yang dapat menjadi tidak sehat

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan, karena sejumlah makanan ini mengandung lemak dan kalori cukup tinggi. Dengan kata lain kata perduli apa yang kita makan, diperlukan juga aktivitas fisik agar berat badan yang diinginkan tercapai.

Di bawah ini terdapat sejumlah makanan yang kerap kita konsumsi ketika diet, yang sangat berbahaya bila digunakan dengan cara yang tidak tepat seperti dikutip Health Me Up, Rabu (28/1/2015)

1. Smoothie

Smoothie yang terbuat dari sejumlah buah yang dicampur sayuran dan es akan sangat baik untuk dikonsumsi ketika diet asalkan tidak menambahkan gula, cokelat, dan sirup perasa. Jika mengonsumsi ini untuk diet, campurkan banyak buah, sayuran, dengan yoghurt rendah lemak dan susu rendah lemak pula.

2. Kopi

Banyak bukti yang telah menunjukkan bahwa kafein dapat menangkal diabetes, demensia, penyakit Alzheimer dan kondisi kesehatan lainnya. Tapi, jika ditambahkan dengan susu, gula, dan krim, sama saja dengan memasukan kalori sebesar 350 kkal dan 20 gram lemak setiap porsinya.

3. Buah kering

Meski sejumlah buah-buahan kering terlihat sehat, tapi sebagian besar dari mereka mengandung gula dan kalori yang lebih banyak dari buah segar. Pilihlah buah-buahan kering yang mengandung gula lebih sedikit.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung polifenol yang berperan dalam pencegahan penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung. Jangan terlalu banyak mengonsumsi cokelat hitam apalagi hingga 100 gram, karena itu sama saja dengan 540 kalori.

5. Yoghurt

Secangkir yoghurt plain mengandung hanya 100 kalori. Yoghurt mengandung kalsium yang dapat menguatkan tulang. Pilihlah yoghurt yang polos dan bebas lemak, jangan pilih yang perasa buah karena mengandung 150 kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini