Sukses

6 Kesalahan Ini Harus Dihindari Saat Kena Flu

Flu kerap menyerang di musim hujan atau pancaroba. Anda jangan sampai salah mengobatinya karena akan memperpanjang durasi sakit flu.

Liputan6.com, New Delhi Flu kerap menyerang di musim hujan atau pancaroba. Anda jangan sampai salah mengobatinya karena akan memperpanjang durasi sakit flu.

Jika Anda ingin menyingkirkan flu dan kembali sehat, hindari beberapa kesalahan ini seperti dilansir HealthSite, Rabu (28/1/2015).

1. Abaikan istirahat

Tetap stres saat flu hanya menjadi kesalahan yang Anda buat. Ingat, kekebalan tubuh Anda sedang lemah ketika Anda kena flu. Tak istirahat dengan cukup dalam proses pemulihan akan membuat flu Anda semakin buruk.

Kebanyakan kasus, ini akan membuat flu menjadi lebih lama untuk pulihnya.

2. Tutup mulut dengan tangan

Apabila Anda menutupi mulut dengan tangan ketika bersin, Anda menyimpan banyak kuman di telapak tangan Anda sehingga Anda tetap sakit.

Ingat. virus bisa terperangkap di telapak tangan yang lembab dan kembali ke sistem Anda.

Selalu gunakan tisu untuk menutupi mulut Anda, saat bersin, untuk menghindari penyebara kuman ke orang lain dan membatasi infeksi ke diri sendiri.

3. Minum pil

Minum antibiotik untuk mengobati flu adalah hal terburuk yang Anda lakuka. Pilek disebabkan virus yang tak merespons antibiotik. Pemborosan antibiotik bisa mengakibatkan tubuh Anda resisten. Ini berarti antibiotik tak membantu mengobati infeksi bila diperlukan kemudian hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Merokok


4. Semua ditutupi

Flu bukan berarti Anda harus menutup semuanya dan menghangatkan diri. Bahkan, ventilasi yang baik di rumah dan berjalan di bawah terik matahari bisa membantu tubuh Anda melawan virus secara alami.

5. Tidak makan dengan baik

Flu, batuk, dan sakit kepala bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan. Namun, setidaknya Anda mengisi perut Anda dengan cairan sehingga meningkatkan kekebalan Anda.

Selain itu cukupi kebutuhan cairan seperti sup dan jus buah bersama dengan air yang cukup untuk membantu membuang racun keluar dari tubuh Anda.

6. Merokok terus menerus

Rokok tidak akan membuat Anda merasa lebih baik bila Anda sedang flu. Ingat paru-paru Anda sudah teriritasi dan asap rokok hanya akan memperburuk itu, membuat gejala lebih buruk, terutama jika Anda juga memiliki batuk yang buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.