Sukses

Berlari dengan Kaki Telanjang Lebih Baik?

Inilah ulasan mengenai studi yang menemukan bahwa berlari tanpa alas kaki dinilai lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian besar dari Anda masih enggan untuk berlari tanpa menggunakan sepatu. Selain karena sakit yang dirasa, hal ini juga bisa membuat kaki terlihat kotor dan jelek.

Namun, melalui sebuah penelitian di Universitas Harvard, Amerika Serikat, yang dipimpin oleh Daniel Lieberman menemukan bahwa berlari tanpa alas kaki lebih baik.

Mereka menemukan bahwa ketika memakai sepatu ketika berlari maka tumit akan mendarat lebih dahulu dibandingkan bagian kaki yang lain. Mereka menyebut hal ini dengan Heel Strike.

Sementara ketika berlari tanpa alas kaki maka bola kaki akan mendarat pertama kali atau mereka sebut dengan Forefoot strike seperti yang dilansir dari laman UnbelievableFacts, Rabu (28/1/2015).

Ketika Anda mendaratkan tumit terlebih dahulu akan terdapat lonjakan besar yang memunculkan sebuah gaya sehingga dapat menggoncangkan tumit dan bingkai kerangka kaki.

Menurut para peneliti, hal ini setara dengan seseorang yang memukul tumit kaki sebanyak 1.5-3 kali lipat berat badan dengan menggunakan palu. Dampak akan bertambah tiap 1000 kali per mil.

Menggunakan kaki telanjang ketika berlari sebenarnya hanya untuk menghindari dampak sementara tersebut. Pada dasarnya, hal ini diperuntukkan agar tulang kaki terhindari dari kemungkinan cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.