Sukses

5 Masalah Kesehatan Akibat Gunakan Bedak

Bedak menyimpan risiko bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Bedak yang kerap digunakan untuk mempercantik wajah menyimpan risiko bagi kesehatan pemakainya. Bedak yang dikenal sebagai magnesium silikat terdiri dari magnesium, oksigen, dan silikon.

Bila keseluruhan yang ada di bedak masuk ke dalam tubuh, sejumlah risiko pun mengintai, seperti dikutip Boldsky, Rabu (28/1/2015):

1. Masalah pernapasan

Serpihan halus dari bedak dapat menyebabkan masalah pernapasan. Pada bayi, Anda tidak harus menggunakan bedaknya.

2. Penyebab talkosis

Saat bernapas, serpihan halu masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan gangguan paru-paru akut atau krnois. Kondisi ini disebut dengan talkosis.

3. Perparah asma

Jika Anda memiliki asma, jagalah jarak dengan bubuk berwarna putih itu. Menurut para ahli, asma dan pneumonia merupakan masalah kesehatan umum. Salah satu risiko paling besar dari bedak adalah kanker paru-paru.

4. Diare dan muntah

Bedak dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan dan dapat menyebabkan masalah besar. Pada bayi, diare dan muntah yang kerap terjadi.

5. Kanker endometriosis

Wanita yang menggunakan bedak secara teratur kemungkinan besar berisiko terkena penyakit ini. Jadi, ada baiknya kurangilah penggunaan bedak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.