Sukses

Obat Tidur Tingkatkan Risiko Alzheimer

Mengonsumsi obat tidur berisiko Alzheimer, hati-hatilah

Liputan6.com, London Berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat tidur, pil hayfever dan antidepresan. Bila dikonsumsi sembarangan, meningkatkan risiko Alzheimer.

Peneliti menemukan hubungan yang erat antara demensia yang dialami para orang tua dan obat antikolinergik, yang meliputi antihistamin Benadryl dan Prition, serta obat tidur Nytol dan sejumalh antidepresan. Menurut mereka, obat-obat ini memiliki pengaruh besar di otak dengan memblokir asetikolin yang memiliki sejumlah fungsi di dalam tubuh.

Melansir Daily Mail, Selasa (27/1/2015), Pemimpin study dari University of Washington Schoolf of Pharmacy, Profesor Shelly Gray, mengatakan, orang yang mengonsumsi obat-obat berikut selama lebih dari tiga tahun berisiko mengalami demensia;

1. Setidaknya mengonsumsi obat doxepin anti-depresan 10 miligram per hari.
2. Empat miligram per hari dari Nytol dan Benadryl, dan
3. Lima miligram oxybutynin (Ditropan) per hari untuk kandung kemih yang terlalu aktif.

Bagi mereka yang menggunakan obat-obat ini dengan dosis yang lebih tinggi, berisiko meningkatkan demensia sebesar 54 persen setelah tujuh tahun dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.